Menebar Manfaat Menjemput Berkah, PPB UIN SUKA Gelar Pasar Ramadhan

Mengangkat tema "Menebar Manfaat Menjemput Berkah," Pusat Pengembangan Bisnis (PPB) menyelenggarakan SUKA Pasar Ramadhan. Dibuka oleh Kepala PPB UIN Sunan Kalijaga, Hj. Fatma Amilia, pada 23 Maret 2023, agenda ini berlangsung selama Bulan Ramadhan 1444 H dan bertempat di halaman Klinik Pratama, kampus UIN Sunan Kalijaga. Ada 30 merchant atau tenant peserta SUKA Pasar Ramadhan, yang terdiri dari mahasiswa, masyarakat, dan UMKM di lingkungan kampus, serta tim SUKA Halal Foodcourt. Para peserta SUKA Pasar Ramadhan ini menggelar kreasi makanan untuk berbuka puasa yang sangat memberi kemudahan bagi warga masyarakat untuk mendapatkan menu berbuka puasa dengan harga yang terjangkau. Mulai dari jajan pasar, sup, gado-gado, lotek, tahu guling, ayam krispi, berbagai sayur, lauk pauk, kolak, es buah, jus, dan masih banyak makanan lainnya, yang tentunya halal, tersaji dengan apik pada setiap stand.

Berkenan hadir memantau agenda ini, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja sama, Dr. Mamat Rahmatullah. Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan After Office Band. Grup band ini terdiri dari para dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), yang terdiri dari Aris, Hasan Al-Banna, Dwi Yan, Umar, Defi, dan Alex.

Mewakili para personil Band, Alex selaku vokalis band yang juga menjabat sebagai manajer pemasaran dan penjualan PPB UIN Sunan Kalijaga. menyampaikan, group ini terbentuk karena hoby, yang aktif melakukan aktivitas band band-an di sela sela pekerjaan penelitian. “Band ini sebagai ajang untuk melepas kepenatan usai pekerjaan penelitian Bersama. Jadi kami juga sudah banyak melahirkan karya penelitian, yang telah dipublikasi hingga ke Scopus,” aku Alex.

Sementara itu, Fatma Amalia di sela sela pelaksanaan SUKA Pasar Ramadhan hari pertama ini menyampaikan, SUKA Pasar Ramadhan digagas dalam rangka menumbuhkan jiwa wirausaha mahasiswa. “Agenda ini diselenggarakan sebagai salah satu program PPB UIN Sunan Kalijaga untuk menyemarakkan Bulan Ramadhan dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan terutama dari sektor UMKM”, jelas Hj. Fatma Amilia.

Dengan mengangkat tema “Menebar Manfaat Menjemput Berkah,” pihaknya berharap, PPB UIN Sunan Kalijaga dapat memberi manfaat UMKM, Mahasiswa, masyarakat, dan Sivitas Akademika, serta membawa keberkahan Bulan Suci Ramadan tahun ini. Agenda ini sudah dipersiapkan dengan matang oleh seluruh tim PPB, sebagai program incidental yang dapat menciptakan tambahan pendapatan BLU UIN Sunan Kalijaga, demikian harap Hj. Fatma Amalia.

Kegiatan ini juga menjadi embrio untuk melahirkan Pasar Rakyat pasca Bulan Ramadhan 1444 H yang akan dilaksanakan secara rutin di kampus UIN Sunan Kalijaga, tegas Izra selaku Sekretaris PPB UIN Sunan Kalijaga. (Weni/Ihza)