Penjajakan Kerjasama antara Kebun Eduwisata Bendosari Binaan LPPM UIN Sunan Kalijaga dengan Yayasan Astra Honda Motor (AHM)

Yayasan Astra Honda Motor melakukan kunjungan ke UIN Sunan Kalijaga, 20/3/2023. Kunjungan delegasi Astra kali ini bermaksud untuk mengeksplorasi kemungkinan kerja sama dengan Kebun Buah Eduwisata Bendosari yang terletak di Dusun Bendosari, Desa Sumbersari, Kecamatan Moyudan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kebun Buah Eduwisata Bendosari adalah proyek pemberdayaan masyarakat binaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Sunan Kalijaga yang bertujuan untuk meningkatkan kondisi ekonomi dan lingkungan hidup masyarakat di Bendosari.

Yayasan Astra Honda Motor tertarik untuk mengembangkan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang melibatkan mitra lokal di sekitar Kebun Buah dan Eduwisata Bendosari. Dalam kunjungan tersebut, pihak Kebun Buah dan Eduwisata Bendosari menyatakan harapannya bahwa kerja sama dengan Astra Honda Motor dapat segera terwujud dan dapat memberikan manfaat serta dampak positif bagi masyarakat setempat.

Acara ini dihadiri oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil Al Makin, Ketua LPPM UIN Suka, Dr. Muhrisun, S. Ag., BSW., M. Ag., MSW., Sekretaris LPPM UIN Suka, Dr. Adib Sofia, S.S., M. Hum., dan Kapus Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM), Ir. Trio Yonathan Teja Kusuma, S.T., M.T. Dari pihak Astra Honda Motor hadir CSR Manager, Agus Subagja, Wakil Ketua Yayasan Astra Honda Motor, Gede Eka Dharmika, dan Koordinator Wilayah CSR DIY Astra Honda Motor, Anton Suharyanto. Sementara itu, dari pihak Kebun Buah dan Eduwisata Bendosari, hadir Kelompok Tani Bendosari, H. Sagiman, Jazim Hamidi, Ketua Kelompok Kampung Jamur Bendosari Waldi, Manajemen Kebun Eduwisata Bendosari Joko Sunaryo, dan Tim Dosen Pendamping Lapangan dari UIN Sunan Kalijaga.

Mengawali sambutannya, Ketua LPPM UIN Sunan Kalijaga, Muhrisun menyampaikan apresiasinya terhadap Yayasan AHM yang telah lama menjalin hubungan baik dengan UIN Sunan Kalijaga. “Ini bukan kali pertama Yayasan AHM menjalin kerja sama dengan UIN Sunan Kalijaga. Sebagai informasi, sejak tahun 2016 Yayasan AHM telah memberikan beasiswa untuk mahasiswa Difabel dan relawan PLD UIN Sunan Kalijaga. Ada 15 mahasiswa pertahunnya yang mendapatkan Beasiswa Astra. Terima kasih atas komitmen Astra untuk pengembangan program-program kami, semoga dapat berlanjut dan kami dapat menularinya ke pihak lain agar ikut mendukung program kami.”, tuturnya.

“Kami berharap dapat berkembang dan mengembangkan tugas-tugas kami dengan lebih baik. Namun, dukungan yang kami terima masih terbatas. Oleh karena itu, kami sangat berharap dapat mendapat dukungan dari Astra untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan yang lebih besar dan lebih produktif.”, tambahnya.

Wakil Ketua Yayasan AHM, Gede Eka Dharmika menyampaikan sambutan hangatnya pada kesempatan tersebut. Pihaknya menyampaikan bahwa Astra memiliki empat pilar utama, yaitu Pendidikan, Lingkungan, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pilar Kesehatan. “Kami menyadari bahwa dalam melaksanakan program ini, terdapat keterbatasan-keterbatasannya. Oleh karena itu, kami akan memilih mitra yang memperlihatkan niat yang baik untuk menjalankan program tersebut. Kami berharap dapat menjalin kerja sama dengan UIN Sunan Kalijaga dan pengelola Kebun Eduwisata Bendosari.” demikian tutur Gede Eka. Dirinya juga menambahkan bahwa komitmen Yayasan AHM adalah melaksanakan program yang berkelanjutan sehingga diharapkan apa yang direncanakan kedepannya terkait Kebun Buah Eduwisata Bendosari ini dapat terealisasikan dalam jangka panjang dan tidak hanya berjalan sebentar saja.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Al Makin, menyampaikan dukungan dan apresiasi atas kinerja LPPM UIN Sunan Kalijaga dan juga komitmen dukungan yang diberikan oleh Yayasan AHM untuk UIN Sunan Kalijaga. Diharapkan kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di sekitar Kebun Buah Eduwisata Bendosari. Semoga program CSR yang dijalankan dapat memberikan manfaat bagi peningkatan ekonomi dan lingkungan hidup masyarakat setempat.

Agenda kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Masterplan oleh Satiti Ratnasari, M.Sc., Dosen program studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga. Dalam mencanangkan Masterplan Kebun Buah Bendosari, terdapat tim lapangan yang terdiri dari SDM LPPM Kalijaga dan beberapa Dosen dari Fakultas Teknik dan Teknologi. Didukung oleh kelompok tani seperti Kelompok Tani Bendosari, Kampung Jamur, dan Madani Sejahtera.Dan dibantu oleh sekitar 20 Mahasiswa melalui program KKN. Kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab antara Yayasan AHM dengan pengelola Kebun Buah Bendosari, LPPM UIN Sunan Kalijaga, diakhiri dengan visitasi Kebun Buah Bendosari yang terletak di Dusun Bendosari, Desa Sumbersari, Kecamatan Moyudan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Weni/Ihza/Alfan)