Alhamdulillah, 546 Camaba UIN Sunan Kalijaga Lolos SPAN-PTKIN

Hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PKIN) diumumkan secara serentak pada hari Senin, 3 April 2023 tepat pukul 10.00 WIB di laman https://pengumuman-span.ptkin.ac.id/ dengan memasukkan nomor NISN siswa.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN, IAIN dan STAIN dalam satu sistem yang terpadu. Seleksi tersebut diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Jalur SPAN PTKIN ini dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.

Baca Juga :Ini 24 Prodi Keagamaan di UIN Sunan Kalijaga yang Bisa Dipilih Melalui Jalur SPAN-UM PTKIN

“Alhamdulillah, pada jalur SPAN-PTKIN UIN Sunan Kalijaga menerima sebanyak 546 calon mahasiswa baru (camaba). Kami ucapkan selamat kepada yang lolos seleksi, selamat bergabung menjadi Kalijaga Muda UIN Sunan Kalijaga. Segera lakukan registrasi sesuai dengan prosedur pengumuman resmi,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Prof. Dr. H. Iswandi Syahputra S.Ag., M.Si.

Lebih lanjut, Prof. Iswandi mengatakan bahwa pada Tahun Akademik 2023/2024, UIN Sunan Kalijaga akan menerima sebanyak 4.525 orang mahasiswa. Beliau berpesan bagi yang belum diterima jalur SPAN-PTKIN tahun ini, jangan berkecil hati, sebab masih ada kesempatan masuk ke Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta melalui jalur UM-PTKIN (10 April - 15 Mei 2023) dan jalur UTBK-SNBT (23 Maret - 14 April 2023) dengan kuota lebih banyak sebesar 50%, serta jalur Mandiri yang jadwalnya bisa dilihat pada laman uin-suka.ac.id atau admisi.uin-suka.ac.id.

Baca Juga :Jalur SNBT Dibuka! 901 Kursi di UIN Sunan Kalijaga Diperebutkan

Diketahui, jumlah pendaftar mahasiswa baru PTKIN terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Untuk tahun ini, jalur SPAN-PTKIN diikuti oleh 176.413 siswa. Jumlah tersebut naik dari tahun 2022 sejumlah 172.971 siswa yang melakukan finalisasi pendaftaran. Begitu pula dengan UIN Sunan Kalijaga yang merupakan satu-satunya PTKIN terakreditasi UNGGUL, tahun ini kembali mendulang prestasi dengan pendaftar terbanyak melalui jalur SPAN-PTKIN sejumlah 31.931 pendaftar.

Sementara itu, berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Nomor 65.2 Tahun 2023 Tanggal 3 April 2023 tentang Penetapan Peserta Seleksi Calon Mahasiswa Baru yang diterima pada SPAN-PTKIN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Akademik 2023/2024, calon mahasiswa yang lulus harus mencermati dan mengikuti prosedur tahapan registrasi sesuai dengan Pengumuman Nomor 1454/Un.02/PP.00.4/04/2023. Adapun prosedurnya sebagai berikut:

1. Peserta yang diterima wajib melakukan pengisian Data Profil secara online melalui laman : http://dataprofil.uin-suka.ac.id/ pada tanggal 4 - 11 April 2023, login menggunakan nomor pendaftaran SPAN-PTKIN ditambah angka 23 di awal sebagai username dan tanggal lahir (dengan format: ddmmyyyy) sebagai password menyiapkan file scan dokumen asli yang meliputi:

  1. Slip Gaji kedua orang tua/wali bagi pegawai swasta maupun negeri, (Apabila kedua orang tua bekerja, maka peserta harus mempersiapkan slip gaji/surat keterangan penghasilan untuk keduanya Bapak dan Ibu), Jika tidak memiliki slip gaji harus melampirkan Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW yang disahkan oleh Kepala Desa/Lurah;
  2. Kartu Keluarga;
  3. Rekening listrik bulan terakhir (slip pembelian token) atau surat pernyataan tidak berlangganan listrik ;
  4. Pajak Bumi dan Bangunan tahun terakhir atau surat keterangan tidak memiliki tanah atau rumah dari kepala desa/lurah;
  5. Jika memiliki keterbatasan ekonomi dapat melampirkan : Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK), dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

2. Pengumuman hasil verifikasi dan pengelompokkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan diinformasikan melalui laman : https://admisi.uin-suka.ac.id/ dan https://uin-suka.ac.id/ kolom Pengumuman pada tanggal 18 April 2023.

3. Apabila tidak mengisi Data Profil, melakukan kecurangan dalam pengisian formulir dan/atau memalsukan data dukung UKT, maka calon mahasiswa yang bersangkutan ditetapkan sebagai mahasiswa kelompok VII (tujuh) UKT.

4. Tidak ada dispensasi dalam bentuk apa pun.

“Apabila terjadi kendala dalam proses Pengisian Data Profil dapat menghubungi Kantor Admisi UIN Sunan Kalijaga melalui email admisi@uin-suka.ac.id atau nomor WhatsApp 08172302020 selama hari dan jam kerja. Jangan lupa pantau terus media sosial @uinsk untuk informasi terupdate,” pungkas Prof. Iswandi. (Nurul)

Baca Juga :PMB UIN Sunan Kalijaga Program Magister dan Doktor Sudah Dibuka, Cek Syaratnya!