UIN Sunan Kalijaga Perkuat Internasionalisasi dengan Penandatanganan MoU Bersama International University of Africa (IUA), Sudan

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Menyambut Rektor International University of Africa Sudan untuk menjalin Kerjasama Internasional. Kunjungan ini disambut hangat oleh pihak UIN Sunan Kalijaga. Tamu undangan yang hadir di antaranya Prof. Dr. Hatim Osman Muhamed Kheir (Rektor International University of Africa Sudan), Prof. Dr. Drg. Sudibyo, SUSP., Dr. Widarwati. Dan beberapa tim Pendamping IUA Sudan yaitu Ust. Riandi Pratama Lc., Ust. Nurul Dico Hudani Utomo, Ust. Nur Azuardi. Acara ini disambut oleh Prof. Dr. Abdullah Mustaqim, M.Ag. (Direktur Pascasarjana) dan dipandu oleh Dr. Andi Holilulloh, M.A. (Dosen Magister BSA FADIB) selaku moderator. Acara ini dilaksanakan pada hari Selasa, 4 April 2023, di Ruang Rapat Gedung PAU lt. 2 UIN Sunan Kalijaga. Segenap tamu undangan yang hadir dalam acara ini ialah para dekan, beberapa wakil dekan, dosen dan mahasiswa.

Kunjungan ini merupakan kunjungan kedua kalinya bagi Rektor IUA, dan kunjungan pertamakalinya dilakukan di Fakultas Tarbiyah dalam rangka penjajagan kerja sama dengan UIN Sunan Kalijaga dan saat ini lah dilakukan penandatangan MoU dan sekaligus melakukan Perjanjian Kerjasama. Inisiasi kerja sama ini digagas oleh Ketua Prodi S2 Bahasa Arab Dr Umi Baroroh.

Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Abdullah Mustaqim, M.Ag. dalam sambutannya mewakili Rektor menyampaikan bahwa UIN Sunan Kalijaga mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungan Rektor Universitas Internasional Afrika Republik Sudan Prof Dr Hatim Usman Muhammad Khoir, ke UIN Yogyakarta, dalam rangka silaturahmi dan penandatanganan MoU, Direktur Pascasarjana menyampaikan bahwa UIN Sunan Kalijaga ini adalah termasuk PTKIN tertua di Indonesia yg berdiri sejak tahun 1951 dan terus berkembang dari waktu ke waktu.

Diantara mumayyizat atau hal yg membedakan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dari yang lain adalah bahwa UIN Sunan Kalijaga mengusung paradigma keilmuan Integrasi interkoneksi (takamul ulum wal izdiwajul ma'rifah), yang kemudian paradigma tersebut di terapkan dalam kajian keilmuan di 8 fakultas dan 1 Pascasarjana.

Juga menyampaikan bahwa UIN Sunan Kalijaga telah berhasil memperoleh akreditasi internasional FIBAA untuk 18 Program Studi. sehingga sangat pas untuk dijadikan mitra kerjasama dg Universitas Internasional Afrika Republik Sudan, hal inilah akan semakin memperteguh Internasionalisasi UIN Sunan Kalijaga dengan slogan UIN Sunan Kalijaga untuk Bangsa UIN Sunan Kalijaga Mendunia.imbuhnya.

Kerjasama ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan kerjasama penelitian akademik, pendidikan dan ilmiah dan untuk mempromosikan saling pengertian antara kedua lembaga, ucapnya dalam memberikan sambutan, disamping itu Rektor IUA juga menyampaikan bahwa MoU antara dua universitas ini akan memberi banyak manfaat untuk kedua belah pihak.

Kedua universitas sepakat untuk mengembangkan kegiatan kolaboratif dalam bidang akademik untuk kepentingan bersama, atas dasar kesetaraan dan dengan sumber daya yang tersedia dari kedua Lembaga (universitas), seperti student exchange, visisting scholar, publikasi ilmiah bersama dan kolaborasi penelitian dan pegembangan akandemik lainnya. Turut memberi sambutan juga Rektor Intenational University of Africa. Para hadirin juga turut berdiskusi yakni Prof. Dr. Hj. Ema Marhumah, M.Ag. (Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi) dan Mahmudah, Lc.M.Pd. yang membuat seputar program kuliah dan sandwich program di International University of Africa, Sudan.

Kunjungan Rektor International University of Africa (IUA) Sudan ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini diharapkan dapat membuka peluang kerjasama internasional yang lebih luas antara kedua perguruan tinggi. Hal ini juga diharapkan dapat membawa dampak positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di kedua negara.(RTM/Andi/Ozi/Ihza/Doni)