Perkuat Kesiapan Akreditasi Internasional FIBAA, Prodi Magister PBA FITK UIN Sunan Kalijaga Melaksanakan Kegiatan Workshop Redesain Kurikulum

Prodi Magister PBA FITK UIN Sunan Kalijaga melaksanakan kegiatan Redesain Kurikulum sekaligus acara buka puasa bersama bagi segenap Dosen dan Tendik yang dilaksanakan pada hari Rabu, 21 Februari 2024 pada pukul 14.00-18.00 WIB. Kegiatan inidilaksanakan di Ballroom University Hotel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Acara Redesain Kurikulum ini dibuka oleh Ibu Dekan FITK Prof. Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd., sekaligus memberi sambutan untuk acara ini. Ibu Dekan menyampaikan bahwa “kegiatan Redesain Kurikulum ini tentunya dapat berdampak positif bagi Prodi Magister PBA FITK dalam menghadapi akreditasi internasional FIBAA. Fakultas kami tentu sudah dikenal sebagai fakultas yang memiliki Prodi dengan akreditasi internasional FIBAA yang tidak sedikit, itu artinya Magister PBA turut andil dalam menjaga nama baik dan kwalitas ini”, ucapnya.

Kemudian ketua Prodi Magister PBA turut menyampaikan sambuta bahwa acara ini dapat memberikan nuansa semangat yang bagus untuk terus maju dalam mengembangkan Prodi Magister PBA. Acara ini diisi oleh dua narasumber yaitu H. Talqis Nurdianto Lc., M.A., Ph.D. (UMY) dan H. Dr. Muhajir, M.Si., turut hadir juga para dosen tetap program studi Magister PBA yakni Prof. Dr. H. Maksudin, M.Ag., Dr. Nashirudin, M.Pd., Dr. Agung Setiyawan, M.Pd., Dr. Rahmatun Lukluk Isnaini, M.Pd., Dr. Andi Holilulloh, M.A., Dr. Muhammad Bakrie as-Sudani dan lain-lain. Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan dengan lancar dengan dimoderatori oleh Rahil Ayu Nia Zara, S.Pd.

Dalam penyampaian materi, Bapak Talqis menyatakan bahwa Redesain ini berperan penting memperbaiki kurikulum karena kurikulum PBA yang ideal itu dapat beradaptasi yang perkembangan teknologi. Isi dokumen kurikulum yang ideal juga harus dicermati dengan baik, setiap data memiliki kesesuaian dan konsisten. Tujuan standar nasional pendidikan tinggi SN DIKTI ini perlu dicapai oleh Prodi Magister PBA ini agar lebih jelas alurnya. Pada materi sesi kedua kegiatan ini diisi oleh Dr. Muhajir yang menyatakan bahwa Revisi atau upgrading materi dan Buku referensi Kurikulum Prodi Magister PBA perlu dilakukan, sehingga capaian pembelajaran dalam terwujud. Hal ini untuk memperbaiki kurikulum prodi atas semua masukan dari para narasumber sehingga kwalitas semakin baik. Semoga dengan terlaksananya kegiatan workshop redesain kurikulum ini, Prodi Magister PBA FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mampu menjadi yang unggul dan terdepan, mendapatkan nilai yang maksimal dalam akreditasi internasional FIBAA, amin. (Humas)