Prodi PBA S1 UIN Sunan Kalijaga Melakukan Pengabdian Internasional dan Penyerahan Mahasiswa PLP di Tamavitya Mulniti School, Yala, Thailand.

Prodi PBA terbang ke Thailand untuk mengadakan beberapa kegiatan internasional di negara negara Gajah putih. Kegiatan internasional yang dilakukan di Thailand ialah penandatanganan LoI antara PBA dan Sekolah Tamavitya Mulniti Thailand, pengabdian internasional, dan penerjunan mahasiswa PLP Internasional. Beberapa dosen yang ikut dalam kegiatan ini ialah Sekprodi PBA Nurul Huda, M.Pd.I., Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I., Mahmudah, Lc., M.S.I Dr. Zamakhsari, M.Ag. dan Dr. Andi Holilulloh, M.A. turut serta juga tiga mahasiswa dalam kegiatan ini. Untuk penandatanganan LoI (Letter of Intens) antara PBA dan Sekolah Tamavitya Mulniti Thailand, Pak Nurul Huda mewakilkan Kaprodi dan dari pihak sekolahnya diwakilkan oleh kepala sekolah Razi Bensulung.

Prodi PBA mengantarkan mahasiswanya untuk praktek mengajar di Thailand. Hal ini sebagai bagian internasionalisasi Prodi PBA S1 yang telah terakreditasi Internasional FIBAA (Foundation for International Busseness Administration Acreditation) sejak tahun 2023. Mahasiswa PBA yang menjalani magang PLP Internasional dari tanggal 1-22 Juni 2024 yaitu Dika Arminy dan Atika Maulidia. Mereka memilih PLP Internasional di Thailand dan menyampaikan alasannya mengapa memilih PLP Internasional, Atika berkata: "Saya memilih untuk mengerjakan PLP di sekolah TM Yala Thailand karena ada beberapa alasan yang menginspirasi saya guna mengembangkan diri sekaligus keluar dari zona nyaman melalui pendidikan lintas budaya. Dengan demikian, saya berharap bahwa kontribusi saya di sini dapat berdampak positif pada perkembangan pendidikan di sekolah Thamavitya Mulniti, Yala Thailand". Kemudian Dika Arminy juga mengutarakan harapannya dalam kegiatan PLP Internasional ini, dia berkata : "Saya berharap dengan pilihan ber PLP di sekolah Thailand ini bisa menjadi pengalaman berharga dalam hidup saya terutama dalam bidang pendidikan dan pengajaran. Semoga kontribusi saya di sekolah tersebut bisa membawa perubahan positif bagi pembelajaran bahasa Arab di Thailand. Saya memilih Thailand untuk PLP karena saya tertarik dengan pembelajaran bahasa Arab di daerah Thailand selatan yang terkenal akan banyaknya penduduk muslim. Hal ini sangat menarik untuk dijadikan pengetahuan baru tentang studi kebuudayaan islam Thailand."

Selain mengantar mahasiswa Praktek mengajar di Thailand, Prodi PBA juga mengirimkan dosen-dosen untuk pengabdian internasional di Thailand yakni presentasi ilmiah di depan para guru di sekolah Thailand ini. Nama beberapa dosen PBA yang presentasi di Sekolah Tamavitya Mulniti, Yala, Thailand ialah Nurul Huda, M.Pd.I. dengan tema “Khat, Kaligrafi dan Bahasa Arab; Dinamika Pembelajarannya hingga optimalisasi pemanfaatannya di Indonesia.” Kemudian juga Dr. Andi Holilulloh, M.A. presentasi kajian bahasa Arab dengan judul ” مكانة اللغة العربية وتعليمها في إندونيسيا” , Nurhapsari, M.Pd.I. juga presentasi dengan judul “Model pembelajaran di indonesia.” Dan Mahmudah, Lc., M.S.I. juga presentasi dengan judul “Pembelajaran bahasa Arab dengan seni.” Semoga kegiatan internasional ini dapat berdampak positif bagi Prodi PBA S1 UIN Sunan Kalijaga yang terus mengepakan sayapnya di kancah internasional.