Malam Inagurasi PBAK 2024: Rektor Kenalkan Tagline "U-Suka Shaping Your Future"

UIN Sunan Kalijaga menggelar Malam Inagurasi PBAK 2024 pada 22 Agustus 2024, di Gedung Prof. Amin Abdullah. Acara ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun 2024 untuk menyambut Mahasiswa Baru tahun 2024 UIN Sunan Kalijaga.

Malam Inagurasi 2024 menampilkan berbagai pertunjukan dari 19 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba dalam rangkaian PBAK 2024. Acara ini diharapkan dapat menjadi ajang pengenalan dan apresiasi terhadap kemampuan Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga, serta mendorong mereka untuk terus berkarya dan berprestasi di dalam maupun di luar kampus.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor 3, bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, Dr. Abdur Rozaki, menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan PBAK 2024 yang dapat berjalan dengan lancar dan penuh keceriaan. Ia berpesan agar Mahasiswa baru tidak hanya mengasah kemampuan akademik, namun juga mengembangkan minat dan bakat melalui keikutsertaan dalam berbagai UKM.

"Ikuti juga berbagai event nasional dan internasional dan juga setiap akhir tahun akan ada Kalijaga Prestasi merupakan panggung apresiasi bagi para peraih prestasi selama kurun waktu satu tahun. Saya berharap anda semua menjadi Mahasiswa yang unggul dan berprestasi," pesannya.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Noorhaidi, M.A, M.Phil., Ph.D., juga memperkenalkan tagline baru kampus, "U-Suka Shaping Your Future", yang mencerminkan bahwa UIN Sunan Kalijaga berkomitmen untuk membentuk masa depan para Mahasiswanya.

"Kampus UIN Sunan Kalijaga merupakan kampus Locally Embedded, Globaly Engaged artinya secara lokal kampus kita mempunyai akar budaya lokal Indonesia, tetapi pada saat yang sama kita secara global terlibat, ikut aktif didalam perubahan dunia. Mahasiswa baru di UIN Sunan Kalijaga harus bersiap meneruskan tongkat estafet kepemimpinan dan sekaligus meneruskan tradisi UIN Sunan Kalijaga, mengukir berbagai prestasi dikancah nasional dan internasional," terang Prof. Noorhaidi.

Acara puncak Malam Inagurasi 2024 adalah penampilan UKM-UKM UIN Sunan Kalijaga yang menunjukkan keragaman minat dan bakat Mahasiswa, mulai dari seni pertunjukan, seni bela diri, seni musik, hingga karya film. Penampilan pertama oleh UKM SPBA dengan pidato lima bahasa asing. UKM Kalimasada menampilkan kemahiran bermain gamelan, seni tari serta seni pedhalangan. UKM Kopma, UKM PIK-M Lingkar Seroja, UKM EXACT menampilkan drama.

UKM INKAI, UKM Taekwondo, UKM PPS Cepedi menampilkan kemahiran dalam seni beladiri. UKM Menwa menampilkan Drumband. UKM Pramuka menampilkan pertunjukan semaphore.

UKM JCM menampilkan karya film. UKM Kordiska menampilkan pidato 7 Bahasa. UKM Al-Mizan menampilkan kolaborasi kaligrafi, tilawah, sholawat.

UKM Teater Eska dan LPM Arena bekolaborasi dengan Sanggar Nun menampilkan pembacaan puisi dan penampilan music. UKM PSM Gita Savana menampilkan paduan suara.

Selain itu, acara ini juga diwarnai dengan pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba PBAK 2024 di berbagai kategori, seperti MQK, MTQ, Menyanyi, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Indonesia, Essay, dan Debat. Juara Piala Bergilir lomba PBAK 2024 diberikan kepada Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Berikut ini adalah nama-nama pemenang lomba dalam PBAK 2024:

Lomba MQK: Bintang Teguh Mahendra (FEBI), Ibnu (FUPI), Imam Wahyudi (FST).Lomba MTQ: M. Zaki Makarim (FDK), Meylana Shafira (FSH), Ahmad Syauqi (FUPI).

Lomba Menyanyi: Fadli Imanulloh (FEBI), Rohimatun Nafisah (FDK), Nahiza Rifga (FST).Lomba Pidato Bahasa Inggris: Qoulan Syadida (FDK), Rizqi Febriana (FSH) Tiara Rahmadhani (FISHUM).

Lomba Pidato Bahasa Arab: Adinda Rena Azzahra (FDK), Ahmad Leinufard Daniel (FADIB), Azimah Subwehi (FUPI). Lomba Pidato Bahasa Indonesia: Hanifatul Munawaroh (FITK), M. Alimurrahman (FST), Najma Ulya Izzatunnisa’ (FSH).

Lomba Essay: Annisa Rahmi Rosfiana (FST), Fariha Qonita Salma (FSH), Naufal Said (FDK).Lomba Debat: Deva Sri Rahayu Diniati, Agya Aghniya, Nasywa Zhahira (FISHUM); Shavina Endika, Novaldi Arifki, Velisca Helena (FSH); Diva Aulia Putri, Heviana Dhita, M. Riza (FEBI). (tim humas)