UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Kembangkan Desa Purwomartani Dengan Pelatihan Biogas.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sepakat menjalin kerjasama dengan Pemerintah Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman, Selasa(19/2). Nota kesepahaman dalam bidang pengabdian masyarakat melalui pelatihan Biogas yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman Ir. Dwi Anta Sudibya, MT menjelaskan kesejahteraan masyarakat petani harus diperhatikan. Salah satunya memberi sentuhan inovasi produk yang menjanjikan dengan meningkatnya perekonomian bagi mereka. Kegiatan inovasi inilah sumbernya dari kampus atau universitas lewat kegiatan seminar, pelatihan dan pengabdian masyarakat.

“Pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan kampus, dengan membangun fasilitas pendukungnya. Harapannya pendampingan masyarakat ini keberlanjutan ke depan lancar. Jangan sampai bangunan yang sudah dibangun mangkrak dan bermasalah. Tentunya harus ada akselerasi yang bagus dan dikelola dengan bagus menggunakan anggaran pemerintah daerah” tutur Sudibya.

Kepala Desa Purwomartani H. Semiono menyambut baik inisiatif dari UIN Sunan Kalijaga untuk memgembangkan masyarakat desa yang mayoritas memiliki lahan pertanian dan juga berternak sapi dengan pemanfaatan biogas. Kami minta bimbingan dari kampus terkait biogas ini, karena masyarakat masih awam, sekaligus sarana dan prasarana pendukungnya.

Semiono menambahkan ada 18 kelompok ternak sapi yang ada di desa Purwomartani yang siap menerima edukasi terkait biogas.“Kita berharap dengan kerjasama dengan pelatihan biogas, masyarakat akan bertambah nilai ekonominya melalui pemanfaatannya untuk listrik, pengolahan limbah biogas untuk pertanian. Dan masyarakat desa merasa diuntungkan dengan adanya kegiatan pendampingan ini” kata Semiono.

Setelah penandatanganan nota kesepahaman antara UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. H. Waryono, M.Ag dengan Kepala Desa Purwomartani H. Semiono dilanjutkan seminar terkait instalasi dan pemanfaatan biogas. Pada seminar tersebut sebeagai narasumber Dr. Hj. Maizer Said Nahdi, M,Si (Dosen UIN Sunan Kalijaga), A. Zulfahmi Muttaqin, S.T., Dwi Joko Prasetyo, S.T. (BPTBA-LIPI) dengan moderator Dr. Maya Rahmayanti, S.Si., M.Si.(Dosen UIN Sunan Kalijaga)

Kepala Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Didik Krisdiyanto, S.Si., M.Si menyampaikan kegiatan kerjasama ini moment yang bagus karena dihadiri oleh semua elemen, mulai masyarakat, penyuluh, praktisi akademis dilengkapi pula dari pemerintah daerah dan kabupaten sehingga bisa elaborasi bersama dan follow up sejak awal. Akan menjadi evaluasi bersama apa yang dibutuhkan masyarakat Purwomartani. Tentunya harus perlu ada peningkatan kesejahteraan, kemudian yang sudah berjalan diteruskan dan ditularkan ke warga lain. (Khabib-humas)