UIN Sunan Kalijaga Tiga Besar Kampus Terfavorit Lingkup PTKIN Se- Indonesia

UIN Sunan Kalijaga berhasil meraih predikat sebagai kampus tiga besar terfavorit untuk tujuan melanjutkan kuliah dari sejumlah 59 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se- Indonesia. Penetapan tersebut didasarkan pada pemeringkatan jumlah peminat calon mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 yang dilakukan Panitia Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), 29/5/2020.

PLT Rektor UIN Sunan Kalijaga, Dr. Phil Sahiron menjelaskan, UIN Sunan Kalijaga menjadi kampus terfavorit dari 3 kampus terfavorit di lingkup PTKIN, yakni: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang pada pelaksanaan UM-PTKIN tahun ini meraih 10.805 peminat, UIN Sunan Gunungjati Bandung meraih 8.895 peminat, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta meraih 7.661 peminat. Perlu diingat bahwa UIN Syarif Hidayatullah memiliki 59 Prodi S1, UIN Sunan Gunungjati memiliki 46 Prodi S1, sedangkan UIN Sunan Kalijaga memiliki 54 Prodi. Jadi kalau diprosentasekan dengan jumlah prodi di ketiga kampus ini, bisa dikatakan UIN Bandung, UIN Jakarta, Sunan Kalijaga Yogyakarta sama-sama difavoritkan di antara kampus PTKIN yang ada di Indonesia.

Selain itu, peminat untuk melanjutkan kuliah di kampus UIN Sunan Kalijaga, tentunya tidak terlepas dari semakin banyaknya prestasi yang bisa diraih oleh para mahasiswa UIN Sunan Kalijaga di kancah kompetisi-kompetisi di luar kampus. Baik kompetisi prestasi akademik maupun non-akademik di tingkat propinsi, nasional maupun internasional. Hal itu tentunya menjadi motivasi tersendiri bagi para calon mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga untuk bisa meraih prestasi gemilang seperti yang bisa diraih oleh kakak kakak kelas meraka, jelas Dr. Phil Sahiron. (Weni)