UIN Sunan Kalijaga dan Lombok Barat Jalin Kerja – Sama

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Lombok Barat (Lobar) dalam hal Tridharma Perguruan Tinggi. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman antara UIN Suka dan Pemkab Lobar dilakukan di Ruang Kerja Bupati Lobar, Selasa, 1/12/2020.

Isi dari MoU tersebut untuk mengadakan kerja sama dalam hal pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam jangka waktu selama 5 tahun. Asisten I Setda Lobar, Agus Gunawan saat membuka acara mengucapkan terima kasih kepada pihak UIN Suka Yogyakarta.

“Mudah-mudahan setelah ditandatangani MoU ini kita bisa implementasikan secara operasional di lapangan, karena jangka waktunya 5 tahun kita bisa implementasikan dalam setiap tahunnya,” ungkap Agus. Sementara itu, Di tempat yang sama, Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Suka, Dr. Abdur Razaki mengatakan sangat perlunya MoU ini terlebih lagi dalam masa Pandemi Covid – 19 yang belum juga usai.

“Banyak sekali mahasiswa/i berkuliah di UIN Sunan Kalijaga yang berasal dari NTB, kami ingin memfasilitasi mereka karena dalam Pandemi Covid ini mereka belajar secara daring, mereka tidak bisa ke Yogyakarta,” ujarnya.

“Agar proses studi mereka ini tidak terganggu setidaknya kita MoU dengan Lombok Barat. Mereka bisa KKN di daerah mereka atau daerah tetangga mereka sendiri,” lanjutnya. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama itu juga mengatakan ingin memfasilitasi putra putri daerah agar di tengah pandemik ini tidak terganggu proses studinya.

“Jauh lebih strategis sebenarnya agar di masa yang akan datang hubungan antara UIN Sunan Kalijaga ini dipereratkan lagi sehingga bisa melakukan kegiatan yeng lebih strategis,” ujar Dr. Razaki. Hubungan yang dimaksudnya yaitu dalam bidang penelitian, input konteks kebijakan dan juga pemberdayaan masyarakat. “Agar kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bisa berkontribusi mencapai target-target yang ingin dicapai oleh pemerintah daerah,” lanjut Razaki.

Di kesempatan itu, Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, yang juga alumni UIN Sunan Kalijaga mengatakan, sangat mengapresiasi tawaran kerja sama UIN Suka. Pihaknya merasa senang karena bisa ketemu langsung dengan Wakil rektor III dan perwakilan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Kalijaga, yakni; Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, Trio Yonathan Tejo Kusumo, S.T., M.T., didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Achmad Zainal Arifin, M.A. Ph.D., dan Didik Krisdianto, S.Si., M.Sc., ( para pemangku kebijakan dari kampus almamaternya), sehingga berbagai program yang akan direalisasikan melalui KKN bisa lebih mudah didiskusikan, ungkap Fauzan Khalid.

Hadir dalam acara MOU tersebut Kepala Bappeda Lobar H. Akmad Saikhu, perwakilan dari Dinas Pendidikan, Kadis BP2KBP3A Ramdan Harianto, Kadis Pariwisata H. Saepul Ahkam, Pengurus IKASUKA, Prof. Maragustam, serta perwakilan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Sunan Kalijaga. (Weni/Dimas)