UIN Suka Selenggarakan Workshop Moderasi Beragama Seri 1

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan kegiatan Workshop Moderasi Beragama, bertempat di Hotel New Saphir Yogyakarta, 11-14/12/2020. Kegiatan yang rencananya diadakan secara serial ini sebagai tekat UIN Sunan Kalijaga merealisasikan salah satu core values, yakni inklusivitas dalam berbagai bidang, termasuk dalam hal beragama. Selain itu, UIN Sunan Kalijaga turut berkontribusi dalam pengarusutamaan pola pikir dan sikap keberagamaan yang moderat, sebagaimana yang diprogramkan oleh Kementrian Agama RI saat ini.

Di sela-sela pembukaan kegiatan ini, kepada humas Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Kepegawaian , Dr.phil. Sahiron, M.A., menjelaskan, bahwa workshop yang diikuti oleh 16 dosen muda dan 4 pengurus Pusat Moderasi Beragama dan Kebinekaan (PMBK) UIN Sunan Kalijaga ini bertujuan (1) membangun dan atau meningkatkan kesadaran akan pentingnya keberagamaan yang moderat di kalangan dosen, dan (2) membentuk mereka menjadi agen-agen yang mampu mentransfer keilmuan dalam bidang ini dan pada gilirannya mampu membentuk kesadaran pada diri mahasiswa dan masyarakat secara umum tentang pentingnya hidup beragama yang penuh kedamaian.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr.phil. Al Makin, M.A., memberikan apresiasi yang sangat besar kepada panitia penyelenggara workshop ini. Dalam kata sambutannya saat membuka agenda ini menyampaikan, “Untuk membentuk sikap moderat ini kita harus bersedia berkawan dan bersahabat dengan siapapun yang beragama lain dan atau beraliran lain.” “Mereka yang hanya hidup pada lingkungan yang homogen dalam hal agama tidak dapat merasakan betapa pentingnya sikap yang moderat,” tambah Rektor yang sangat luas wawasannya ini. Workshop yang diadakan selama empat hari ini dipandu oleh Alissa Wahid dan timnya, Dr. Imam Nahe’i, dan Dr. Nur Hasyim. (Tim Humas)