Seleksi Beasiswa dan Non-Beasiswa S1 Perguruan Tinggi Luar Negeri Timur Tengah (Mesir dan Maroko)

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerja-sama dengan Kementerian RI menyelenggarakan Seleksi Beasiswa dan Non-Beasiswa S1 Perguruan Tinggi Luar Negeri Timur Tengah (Mesir dan Maroko), 28-29/4 dan 4/5/2021. Ujian Tertulis dilaksanakan Rabu dan Kamis, 28 dan 29/4/2021 secara online. Penyelenggara : Konsorsium 15 Pusat Bahasa PTKIN. Informasi detail buka http://diktis.kemenag.go.id/timteng12/021/.

Rekap peserta.

Total peserta 423 orang, Total peserta aktif 347 orang, peserta konfirmasi bayar 347 orang, peserta sudah divalidasi 326 orang, peserta tidak diterima 21 orang. Sementara Negara tujuan belajar 85% memilih Mesir, 15% memilih Maroko.

Pelaksanaan Ujian; 28 dan 29/4/2021. Hasil seleksi; nilai tertinggin 86, nilai terendah 0, susulan nilai tertinggi 72, nilai terendah 0. Karena terkendala 3 hal. Support Laptop, jaringan internet peserta terhadap aplikasi, peserta yang kurang teliti membaca petunjuk, banyak peserta belum familiar terhadap aplikasi ujian online. Dari jumlah peserta ujian tulis berjumlah 326 orang, yang Lolos dan berhak mengikuti ujian wawancara berjumlah 103 peserta

Ujian wawancara dilaksanakan hari Selasa, 4/5/2021 dengan daring, dengan materi ujian ; Tahfidz Al-quran dan baca kitab dan Wawasan keislaman dan kebangsaan

Tim penguji berjumlah 10 penguji yaitu; Prof. Dr. Syihabuddin Qolyubi dengan materi; Qiroatul Kutub dan Hafalan al-Qur’an dari fak FADIB. Prof. Dr. Abdul Mustaqim Qiroatul Kutub dan Hafalan al-Qur’an dari fak FUPI. Dr. Tulus Musthofa Qiroatul Kutub dan Hafalan al-Qur’an dari fak FITK. Dr. Munirul Ikhwan Qiroatul Kutub dan Hafalan al-Qur’an dari PPs. Dr. Marjoko Idris dengan materi Wawasan Keislaman dan Keindonesiaan FADIB. Dr. Nurain Wawasan Keislaman dan Keindonesiaan dari fak FADIB. Dr. Muhajir Wawasan Keislaman dan Keindonesiaan dari fak FITK. Dr. Fathurrahman Wawasan Keislaman dan Keindonesiaan dari fak FST. Dr. Zainuddin Wawasan Keislaman dan Keindonesiaan dari fak FDK. Dr. Moh. Yunus Marsukhin Qiroatul Kutub dan Hafalan al-Qur’an dari PPs. Dalam ujian wawancara Peserta dibagi dalam 3 sesi yang dimulai pukul 09.00 s.d. 12.30 WIB.