UIN Suka Melakukan MoU Pengembangan Akademik dengan UNDIL, Timor Leste

UIN Sunan Kalijaga melakukan kerja-sama pengembangan akademik dengan Universidade Dili, Timor Leste. Penandatanganan naskah Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil Al Makin, S. Ag., MA., dan Rektor Universidade Dili, Drs. Jose Agustinho da C. Belo, S.H., M.M. (2/8/2021)

Di saat yang sama juga dilakukan kerja-sama antara Fakultas Adab dan Ilmu Budaya (Fadib), UIN Sunan Kalijaga dengan Fakuldade Siensia Politica, Universidade Dili. Naskah kerja-sama dalam bentuk Memorandum of Agreement (MoA) ditandatangani oleh Dekan Fadib, UIN Suka Dr. Muhammad Wildan, MA., dan Dekan Fakuldade Siensia Politica, Universidade Dili, Imaculada Soares Cabral, L.CP. M.CP. Penandatangan naskah kerja-sama dilakukan secara virtual, dimana Rektor dan Dekan Fadib, UIN Suka menandatangani di kampus UIN Suka, dan Rektor, maupun Dekan Fakuldade Siensia Politica, Universidade Dili melakukan penandatangan di Dili, Timor Leste.

Hubungan komunikasi kedua belah pihak tersambung melalui Zoom. Sementara hubungan kerja-sama dalam jangka waktu lima tahun 2021 s/d 2026 ini meliputi; Pertukaran Dosen dan Staf Akademik, pengembangan riset bersama, konferensi, seminar, transfer kredit, dan berbagai kegiatan pengembangan akademik lainnya secara bersama-sama untuk kemajuan bersama kedua belah pihak.

Melalui kerja-sama ini Drs. Jose Agustinho da C. Belo, S.H., M.M. berharap Universidade Dili, dan Fakuldade Siensia Politica, Universidade Dili khususnya akan banyak mendapat sumbangan pemikiran dari UIN Sunan Kalijaga untuk kemajuan pendidikan tinggi di Timor Leste. Sementara itu Dr. Muhammad Wildan menyambut baik kerja sama Fakuldade Siensia Politica, Universidade Dili ini. Menurut Dr. Muhammad Wildan, MoU ini menjadi langkah awal untuk berbagai kegiatan pertukaran, konferensi, seminar, riset yang akan segera diagendakan/dikongritkan ke ranah praksis. Pandemi yang belum juga mereda ini hendaknya jadikan peluang kerja sama jarak jauh. Bisa juga sekali waktu, dirancang untuk melakukan kegiatan yang produktif, dari UIN Suka menghadiri undangan ke forum-forum pengembangan akademik ke Dili, Timor Leste. Dekan Fakuldade Siensia Politica, Universidade Dili, Imaculada Soares Cabral, L.CP. M.CP. berharap banyak dibimbing dari UIN Suka dalam pengembangan akademik di Timor Leste. Juga berharap MoU dapat berkobtribusi bagi kemajuan kedua belah pihak. (Weni/Alfan).