Grand Final Pemilihan Duta Kampus UIN Suka 2021

UIN Sunan Kalijaga kembali menyelengarakan Ajang Duta Kampus 2021 setelah dua tahun vakum karena Pandemi Covid-19. Ajang Duta Kampus UIN Sunan Kalijaga adalah ajang pemilihan putra- putri terbaik kampus yang berperan penting dalam mewujudkan visi – misi UIN Sunan Kalijaga. Ajang pemilihan duta kampus UIN Sunan Kalijaga kali ini merupakan representasi mahasiswa-mahasiswi yang memiliki semangat tinggi dalam mempromosikan terwujudnya tagline UIN Sunan Kalijaga “UIN Sunan Kalijaga untuk bangsa, UIN Sunan Kalijaga Mendunia.”

Baca juga: Duta Kampus Pertama di UIN Sunan Kalijaga

Setelah melalui beberapa tahapan seleksi (seleksi berkas 25/8-20/9, wawancara 25/9, technical meeting 28/9, rangkaian karantina 2-4/10, unjuk bakat 5/10), terpilih 10 orang putra dan 10 orang putri sebagai finalis. Para finalis berlaga untuk meraih posisi juara 1, 2, 3, harapan 1, dan harapan 2 dalam grandfinal, 9/10/2021.

Hadir di ajang grandfinal duta kampus 2021, Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A., Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan dan Kerja-sama, Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si., Para Dekan UIN Sunan Kalijaga, dan Para Kabiro. Serta di hadiri para juri, yakni; Fashion Designer, Dosen UNY, Afif Ghurub, Putri Indonesia DIY 2020 Ervina Natashia, Pengurus IKASUKA, Hj Arifatul Choiri Fauzi (sebagai penggagas Duta Kampus). Pada malam Puncak Grand Final, empat juri yang hadir dan rektor menguji wawasan dan kemampuan para finalis Duta Kampus.

Mengawali prosesi grandfinal, Salsabila Syadza sebagai ketua panitia pelaksanaan acara Duta Kampus 2021 menyampaikan sambutannya. Disampaikan, pemilihan Duta Kampus 2021 mengusung tema “Creativity in diversity” sama halnya dengan mahasiswa yang beragam dari sabang sampai merauke, dan juga para finalis dari berbagai fakultas dengan latar belakang kreativitas yang berbeda-beda. “Dengan segala keberagaman tersebut kami satukan dalam Paguyuban Duta Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2021. Kami berharap para finalis dapat mewujudkan UIN Sunan Kalijaga yaitu UIN Sunan Kalijaga untuk Bangsa, UIN Sunan Kalijaga Mendunia. Dengan segala keberagaman prestasi-prestasi mereka yang akan terus berkembang,” Ungkapnya.

Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja-sama, sekaligus ketua Paguyuban Duta Kampus UIN Sunan Kalijaga, Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si. menyampaikan, dengan slogan kreatif, cerdas dan mandiri itu betul-betul real, karena dari mereka, untuk mereka dan oleh mereka seluruh proses kreatifitas ini semua. Grandfinal ini di desain dengan pelaksanaan luring dengan sangat terbatas tentunya juga dengan mentaati protokol kesehatan dan daring. “Kita ingin tahun depan mengadakan “Duta Moderasi Agama di lingkungan PTKIN seluruh Indonesia dengan dimotori oleh UIN Sunan Kalijaga. Kita doakan tahun 2022 ini semakin semarak,” demikian harap Dr. Rozaki.

Acara puncak Duta Kampus berjalan meriah dan penuh semangat dari para finalis. Sebagaimana Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si., mengatakan bahwasannya acara pemilihan duta kampus 2021 berjalan sangat baik dan ada progress setiap tahunnya.

Sementara itu, Prof. Dr.Phil. Al Makin dalam sambutannya antara lain menyampaikan harapannya, bahwa Duta Kampus UIN Sunan Kalijaga harus bisa mengharumkan nama Kampus. Ajang ini juga sebagai sarana membangun karakter dan model mahasiswa UIN Suka. Para finalis diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa yang lain. baik dalam hal karakter, etika, penampilan dan sikap. Rektor juga berharap, ajang ini sukses membawa kampus UIN Suka mempunyai nama yang baik di publik. Kepada para finalis Prof. Phil Al Makin berpesan agar ajang ini bisa menjadi pelajaran hidup. Tidak semua grandfinalis menjadi juara. “Jika tidak menjadi juara maka jadikanlah ini sebagai langkah, jika juara maka wajib untuk disyukuri. Saya mengucapkan Terimakasih, karena ajang ini adalah sarana kita bersilaturahim baik pada senior IKASUKA para alumni yang lain, para Dekan, para Kabiro dan mahasiswa,” demikian ungkap Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A.,.

This is not the peak of your life, it’s only a beginning, and you still have long ways to go,” Pesan Salsabila sebelum mengumumkan para juara.

Selamat kepada Duta Kampus 2021 terpilih:

- Juara 1 Putra : Vebri Aldiansyah (FDK)

- Juara 1 Putri : Annisa Rahayu (FADIB)

- Juara 2 Putra : Teguh Prasetyo Nur Sahid (FDK)

- Juara 2 Putri : Mila Khoirunnisa (FUPI)

- Juara 3 Putra : Azhar Maulana (FITK)

- Juara 3 Putri : Ziadatul Fauziah Aryati (FDK)

- Harapan 1 Putra : Arya Putra Bagaskara (FISHUM)

- Harapan 1 Putri : Rahmatika Monati (FSH)

- Harapan 2 Putra : M Fakhri Avaqo (FISHUM)

- Harapan 2 Putri : Gadis Mauli Latifa (SAINTEK)

- Juara Berbakat Putra : Ahmad Ismail (FADIB)

- Juara Berbakat Putri : Zahro Ulfatur (FITK)

- Juara Favorit Putra : Sholakhal Abdul Mubarak (FADIB)

- Juara Favorit Putri : Agustina Setiawati (FDK)

- Juara Intelegensia Putra : Ibnu Taymiyyah (FSH)

- Juara Intelegensia Putri : Tsaqifa Aulya Afifah (FUPI)

- Juara Proker Terbaik Putra : Bagas Anandias Faizun (FDK)

- Juara Proker Terbaik Putri : Septianingsih Dyah Ayu Ningrum (FEBI)

- Juara Persahabatan Putra : Eri Eryanto (FEBI)

- Juara Persahabatan Putri : Qorry ‘Aina (FDK). (Tim Humas)