UIN Suka Berjaya menjadi Runner Up dalam Perhelatan Akbar PTKI di OASE Aceh

Banda Aceh, – Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia resmi ditutup oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof. Dr. Muh. Ali Ramdhani, S.TP, MT, Sabtu (27/11/21) di Lapangan Utama UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Kontingen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berhasil Menjadi Runner Up dalam Ajang OASE Aceh, dengan perolehan Medali Emas 4 , Perak 5, Perunggu 2, Harapan 1 : 1, Dan Harapan 2 : 1 dengan rincian sebagai berikut:

1. Sains Matematika: Emas dan Perak

2. Sains Kimia: Perak

3. Debat Bahasa Arab: Perunggu

4. Debat Konstitusi: Perak

5. Story Telling: Perak

6. Dai Mahasiwa Putri: Emas

7. Qiraatul Kutub Putra: Harapan 2

8. Nanoteknologi & Produk Kesehatan: Emas

9. Deteksi & Mitigasi Bencana: Perunggu

10. Robotik & Programming: Perak

11. Sosial-Keagamaan: Emas

12. Karya Tulis Al-Qur'an: Harapan 1

"Selamat kepada pada pemenang, semoga kemenangan yang diraih pada kompetisi kali ini menjadi pengobar semangat dan dorongan untuk lebih meningkatkan daya saing diri masing-masing," ujar Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Muhammad Ali Ramdhani, Sabtu (28/11/2021) malam di Tribun Utama Lapangan Mini UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Lebih lanjut, Ali Ramdhani menambahkan bahwa yang belum menang dan berhasil menjadi yang terbaik untuk menjadikan momen ini sebagai pengalaman. "Kegagalan kali ini sebagai guru yang berharga untuk kemenangan pada kompetisi berikutnya, Semoga OASE melahirkan bibit-bibit unggul dan sang juara di dalam olah pikir di bidang agama, sains dan riset," katanya.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kemenag RI, Suyitno mengatakan OASE PTKI se-Indonesia tahun ini boleh saja berakhir, tapi pengabdian terhadap inovasi dan karya ilmiah dengan semangat integrasi agama-sains akan terus berlanjut hingga tidak ada lagi dikotomi antara Agama dan Sains.

"Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan keadilan. Kompetisi ini juga merupakan ajang ilmiah bagi mahasiswa lingkup PTKI Negeri dan Swasta, sehingga mahasiswa dapat berkreasi dan mengembangkan seluruh aspek dan wawasan terkait kemampuan konsep dan keterampilan kerja inovatif bidang ilmu," kata Suyitno.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil. Al Makin, M.A., bersyukur atas prestasii dan capaian para kontingen UIN Sunan Kalijaga menjadi Runner Up di OASE Aceh. “Terimakasih kepada seluruh kontingen UIN Sunan Kalijaga baik yang sudah mendapatkan Medali maupun yang belum mendapatkan medali, terimakasih atas perjuangannya, perjuangan ini merupakan symbol perjalanan kesuksesan kita Bersama. Saya juga berterimakasih kepada Wakil Rerktor III Dr. Abdur Rozaki, M.Si, para Kepala Biro, para pembimbing, Kabag Kemahasiswaan, para staf bagian kemahasiswaan dan seluruh elemen yang telah telaten dan berjuang mendukung kegiatan ini menjadi berjalan dengan baik. Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga mempunyai banyak potensi yang luar biasa dan tugas kita adalah membimbing dan mengembangkan bakat mereka sehingga menjadi harapan bangsa, dan perlu diingat bahwa mereka adalah calon pemimpin bangsa”, papar Prof. Al Makin. (Doni-Humas)