M. Habib Chirzin Peroleh Anugerah Dr. (Hc) dari UIN Sunan Kalijaga

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta akan menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa (Dr. HC) kepada Muhammad Habib Chirzin. Perhelatan ini akan dilangsungkan dalam Sidang Senat Terbuka UIN Sunan Kalijaga pada hari Rabu, 21/09/2022 di Gedung Prof. RHA. Soenarjo, S.H., atau Convention Hall UIN Sunan Kalijaga.

Penganugerahan gelar kehormatan Dr. HC tersebut diberikan atas dedikasinya dalam mengembangkan dan mengarusutamakan nilai-nilai perdamaian melalui kegiatan sosial di lapangan, seminar, workshop, dan diskusi-diskusi, baik di dalam maupun luar negeri sejak tahun 1982 hingga kini.

Tim Penilai Dr. HC tersebut terdiri atas Prof. Dr. M. Amin Abdullah sekaligus sebagai Promotor, Dr. Achmad Zainal Arifin, M.A.,sekaligus sebagai Sekretaris, Prof. Dr. Euis Nurlaelawati, M.A., Prof. Dr. Bermawy Munthe, M.A., dan Prof. Dr. Sangkot Sirait, M.Ag., sebagai Anggota.

Promovendus akan menyampaikan pidato ilmiah berjudul, "Wacana Baru Perdamaian dan Perlunya Mengarusutamakan Keamanan Manusia", dengan kajian menggunakan perspektif Maqashid al-Syari'ah. Analisis wacana tersebut dengan bingkai situasi di masa Covid-19 hingga pasca-covid kini.

Perhelatan akbar ini mengundang sejumlah Rektor Perguruan Tinggi dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi. Turut hadir Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si., Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Pimpinan Pondok Pesantren Pabelan Magelang, Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, dan sejumlah tamu undangan lainnya. (Weni/Ihza)