Halal Center Adakan Silaturahmi Nasional dan Monitoring Pendamping PPH

Halal Center UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adakan acara Silaturahmi Nasional dan Monitoring Pendamping PPH (Proses Produk Halal) di University Hotel pada tanggal 28 Agustus 2023. Peserta PPH yang hadir pada acara tersebut sekitar 250 orang dari seluruh Indonesia di bawah naungan Halal Center UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan 7 orang di antarnya telah berhasil membantu menerbitkan sertifikat halal lebih dari 1.000.

Beberapa tamu penting turut hadir, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr.Phil. H. Al Makin, S.Ag., M.A., Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag, Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro Kementrian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia, Rully Nuryanto, SE., M.Si. Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), serta Dinas Koperasi, Perindustriandan Perdagangan terkait. Turut hadir juga dalam acara ini adalah mitra strategis seperti Kementerian Koperasi dan UKM, Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY, PT Pegadaian, BRI, BSI, BSI UMKM Center, Dinas Koperasi dan UKM DIY, Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta.

Sesuai Amanat UU No 33 Tahun 2014 tentang kewajiban sertifikasi halal telah melahirkan kebijakan fasilitas program sertifikasi halal gratis, yang lebih dikenal dengan nama program “SEHATI”. Program SEHATI ini telah menjadi tonggak penting dalam memastikan kehalalan produk-produk di Indonesia, yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Tentu saja “SEHATI”, tidak mungkin tercapai tanpa dukungan dan kinerja tinggi dari para Pendamping PPH. Hingga saat ini, Halal Center melalui LP3H UIN Sunan Kalijaga telah berhasil menaungi dan mendukung sebanyak 2700 Pendamping PPH yang tersebar di 33 Provinsi di seluruh Indonesia.

Dr. Imelda Fajriati, M.Si, Ketua Halal Center UIN Sunan Kalijaga dalam sambutannya menyampaikan bahwa capaian yang telah diperoleh dalam Tahun 2023, mulai dari bulan Januari hingga Agustus tercatat lebih dari 60 ribu sertifikat halal telah berhasil diterbitkan. Berarti ada 55 sampai 60 ribu pelaku usaha telah mendapatkan sertifikat halal gratis melalui LP3H UIN Sunan Kalijaga.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran penting Pendamping PPH. Oleh karena itu, Pendamping PPH perlu dikuatkan kinerjanya, salah satunya melalui acara Silaturrahmi Nasional dan Monitoring Pendamping PPH. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk memperkuat persaudaraan, meneguhkan semangat dan mengoptimalkan kinerja dan potensi Pendamping PPH yang bernaung di LP3H UIN Sunan Kalijaga. Kemudian, Pendamping PPH dapat meningkatkan capain penerbitan sertifikat Halal pada Program SEHATI Tahun 2023 dan tahun yang akan datang.

Pada acara tersebut juga diberikan reward bagi Pendamping PPH yang telah berhasil menerbitkan lebih dari 3000 Sertifikat Halal. Penghargaan diberikan langsung oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr.Phil. H. Al Makin, S.Ag., M.A. didampingi dari BPJPH, Kanwil Kemenag DIY, Kemenkop dan UMKM RI, Pegadaian dan Dinas Industri DIY.

Saat itu juga diserahkan sertifikat halal dari Pendamping PPH Penyuluh Agama di 5 Kabupaten atau Kota Provinsi DIY oleh Kepala Kanwil Kemenag DIY, Dr. H. Masmin Afif. Acara ini menjadi momentum penting dalam memperkuat program SEHATI dan meningkatkan kolaborasi antara berbagai pihak terkait, tutur Ketua Halal Center UIN Sunan Kalijaga saat menutup wawancara. (RTM, Faozi)