UIN Sunan Kalijaga Jalin Kerjasama Akademik dengan Kırıkkale Universitesi Turkey

UIN Sunan Kalijaga menerima kunjungan dari Kırıkkale Üniversitesi Turki dan Prof. Dr. Fuat Sezgin Research Foundation for the History of Science in Islam, Selasa (20/12) bertempat di Ruang Pertemuan Lt. II Gedung K,H, Saifuddin Zuhri UIN Sunan Kalijaga. Kunjungan ini dimaksudkan untuk penandatanganan kerja sama akademik antara UIN sunan Kalijaga dengan Kirikkale University dan Dr. Fuat Sezgin Research Foundation Islam Bilimi Tarihi Arastirma Vakfi (IBTAV) for the History of Science in Islam dan seminar internasional bertajuk "Sejarah Sains dalam Islam: Tantangan dan Dinamika Warisan Kemanusiaan".

Turut hadir dalam acara ini sederet pimpinan UIN Sunan Kalijaga, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK), Dr. H. Mamat Rahmatullah, MM., Kepala Biro Administrasi, Umum dan Keuangan, Dr. H. Abd. Syakur, S.Ag., M.Si., Kepala IO/CDCIA UIN Sunan Kalijaga, Ambar Sari Dewi, S.Sos., M. Si., Ph.D., beserta jajarannya, Kepala Bagian Kerjasama dan Kelembagaan, Drs. RTM. Maharani, M.M., Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga yang menjadi salah satu narasumber dalam seminar internasional, Dr. Siti Syamsiyatun, `kabag dan kasubag, dekan serta wakil dekan fakultas dan mahasiswa.

Sementara itu dari Kirikkale University dihadiri oleh Prof. Dr. Ersan Aslan, Rektor Kırıkkale University di Turki and Wakil Presiden Board of Directors di IBTAV, Mr. Bilal Erdoğan, Putra Recep Tayyip Erdoğan, Presiden Turki; Anggota Board of Trustees in IBTAV; dan Presiden World Ethnosport Confederation, Dr. Zeynep Başer, Kepala Kantor internasional Kırıkkale University, Mr. Mecit Çetinkaya, Presiden Board of Directors di IBTAV beserta jajarannya.

Rektor Al Makin, menyampaikan dalam sambutannya bahwa UIN Sunan Kalijaga berterima kasih atas kepercayaan Kirikkale University dan Prof.Dr.Fuat Sezgin Foundation untuk menjalin kerjasama akademik antar perguruan tinggi. Pada kesempatan ini, Rektor juga menyampaikan gambaran penyelenggaraan perkuliahan di UIN Sunan Kalijaga yang menjunjung tinggi toleransi, keberagaman dan memiliki core values integrasi-interkoneksi yang sangat relevan dengan semangat Prof.Dr.Fuat Sezgin Foundation yang memiliki fokus pada sains dan peradaban Islam.

Dijelaskan oleh putra presiden Turki, Mr. Bilal Erdoğan, bahwa pendiri Prof.Dr.Fuat Sezgin telah mendedikasikan pengetahuannya di dalam sejarah sains Islam, sehingga mendirikan Yayasan yang bergerak pada riset sejarah Islam. Beliau ingin menginspirasi generasi muslim muda untuk belajar. Mempelajari berbagai literatur dan fasih berbahasa 27 bahasa asing, Prof.Dr.Fuat Sezgin menjadi model ilmuwan muslim yang dapat mengembangkan diri dan belajar untuk mendedikasikan diri pada ilmu. Menjadi Muslim tidak menjadi alasan terbelakang dalam hal ilmu. Oleh karenanya, melalui kerjasama ini diharapkan dapat menjadi ruang lahirnya cendekiawan muslim yang terinspirasi oleh dedikasi Prof. Dr.Fuat Sezgin dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan peradaban Islam.

Penandatanganan kerja sama atau MoU oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil Al Makin didampingi dengan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Abdur Rozaki, M.Si., dengan Prof.Dr.Fuat Sezgin Foundation for Islamic History Research (IBTAV) oleh Rektor Universitas Kirikkale Turki, Prof. Dr. Ersan Aslan, didampingi oleh Dr. Bilal Erdogan Perwakilan IBTAV), dan Mr. Mecit Çetinkaya (Presiden Board of Directors di IBTAV).

Pada sambutannya, Rektor Universitas Kirikkale, Prof. Dr. Ersan Aslan menuturkan bahwa UIN Sunan Kalijaga memiliki potensi yang ideal untuk berkolaborasi dalam hal keilmuan untuk kemajuan peradaban Islam. Banyak tokoh besar yang juga lahir dan memiliki dedikasi untuk perkembangan ilmu pengetahuan dari UIN Sunan Kalijaga. Harapannya dengan adanya kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi, salah satunya adalah UIN Sunan Kalijaga ini dapat menumbuhkan semangat dalam mengembangkan keilmuan, sehingga lahir cendekiawan-cendekiawan muslim yang dapat mengantarkan kembali pada masa kejayaan Islam dengan melakukan berbagai kolaborasi akademik seperti student exchange, lecturer exchange, riset dan project akademik terkait sains dan peradaban Islam.

Acara dilanjutkan dengan Seminar Internasional membahas Sejarah Sains dalam Islam: Tantangan dan Dinamika Warisan Kemanusiaan, dimoderatori oleh Dr. Munirul Ikhwan, Lc., M.A., sekretaris program studi doktor Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga..


Sejumlah pembicara yang mengisi seminar internasional ini adalah Prof. Dr. Ersan Aslan yang menyampaikan materi berjudul, "Common Heritage Future of Humanity: History of Science with Examples", Mr. Mecit Çetinkaya Presiden Dewan Direksi di IBTAV menyampaikan "Prof. Dr. Fuat Sezgin Research Foundation for the History of Science in Islam: Purpose of the Foundation and Fuat Sezgin" dan Dr. Siti Syamsiyatun, Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga menyampaikan materi mengenai “Islamic Versus Muslim Perspective of Science and Contribution of Islam and Muslim in the Science History”. (Tim Humas)