UIN Sunan Kalijaga dan UHN Jalin Sinergi Penguatan Moderasi Beragama

Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta jalin kerjasama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi Hindu Universitas Hindu Negeri UHN I Gusti Bagus (UHN IGB) Sugriwa, Denpasar.

Kedua pihak sepakat untuk bekerja sama dalam penguatan moderasi beragama, bertempat di Aula Pascasarjana UHN IGB Sugriwa, Denpasar, Senin (16/1/2023). Kesepakatan dalam penguatan moderasi beragama ini tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Ketua Prodi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Hamdan Daulay mengucapkan terima kasih kepada civitas akademika UHN Sugriwa yang telah menyambut rombongan. Kunjungan ini dalam rangka memperluas jejaring antar Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri dengan menjalin kerjasama dalam program Penguatan Moderasi Beragama.

"Adapun pesan dari Rektor kami, pada pertemuan ini tidak hanya sebatas penandatanganan PKS tapi ada tindak lanjut berupa kegiatan yang konkret dalam kolaborasi beragama, baik pendidikan atau penelitian dan pengabdian masyarakat," kata Hamdan Daulay.

"Kami berharap supaya bisa melaksanakan kerja sama dalam penelitian bersama serta pertukaran dosen yang dilaksanakan secara kontinyu dari tahun ke tahun," tambah Hamdan Daulay.

Rektor UHN IGB Sugriwa, I Gusti Ngurah Sudiana berharap kerja sama ini berkontribusi pada kemajuan kampus, serta melahirkan banyak terobosan baru. "Harapan kami kerja sama ini berlanjut pada penelitian, pengabdian, serta pertukaran mahasiswa dalam bentuk KKN Nusantara,"

"Kita perlu meningkatkan berbagai penelitian, salah satunya tentang Moderasi Beragama dan Kerukunan Beragama," sambungnya.

Tampak hadir Dekan Fakultas Dharma Duta, I Nyoman Ananda, beserta jajaran, Direktur Pacasarjana, Relin D.E, beserta jajaran dan Sekretaris LPPM, I Made Wiradnyana. Sementara dari UIN Sunan Kalijaga berjumlah 21 orang. (Ihza)