Pisah Sambut, Dr. Ali Sodiq Gantikan Dr. Abd. Syakur Mengemban Jabatan Kabiro AUK UIN Suka

Usai dilantik sebagai Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan (Kabiro AUK) UIN Sunan Kalijaga, 15/2, di ruang pelantikan dan pengambilan sumpah, Kantor Kementerian Agama RI, di Jakarta, Dr. Ali Sodiq, M.A., kembali mengabdi di kampus UIN Sunan Kalijaga. Setelah sebelumnya sempat mengemban tugas jabatan sebagai Kepala Biro Umum di Universitas Negeri Jember kurang lebih 1 tahun. Kabiro AUK sebelumnya dijabat oleh Dr. Abd. Syakur, yang bersamaan dilantik untuk mengemban tugas jabatan sebagai Kepala Pusat Kerja sama dan Standarisasi Jaminan Produk Halal. Pisah sambut dan serah terima jabatan dilaksanakan di ruang pertemuan lantai 1, gedung Prof. Saifuddin Zuhri, kampus UIN Sunan Kalijaga, 17/2/2023. Hadir pada agenda akademik kali ini, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Al Makin, Wakil Rektor 3, bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, Dr. Abdur Rozaki, jajaran pejabat di lingkungan Rektorat, dan para pejabat Dekanat.

Dalam sambutannya usai serah terima jabatan, Dr. Abd. Syakur antara lain menyampaikan, terima kasihnya kepada segenap pimpinan dan rekan kerja di kampus UIN Sunan Kalijaga. Menurutnya, kerja keras dan kekompakan dalam bekerja di kampus ini menginspirasinya. Demikian juga pengembangan keilmuannya yang pesat. Semua itu menjadi bekal di tugas yang baru nanti. Karena Presiden Joko Widodo memberikan target 10.000 sertifikat halal harus segera tercapai. “Saya akan menempati kantor baru di Pusat kerja sama dan Standarisasi Halal, di Pondok Gede,Jakarta, namun demikian saya akan tetap berkhidmat kepada kampus UIN Sunan Kalijaga yang telah banyak memberikan pelajaran dan pengalaman berharga dalam perjalanan karir saya,” demikian ungkap Dr. Abd. Syakur.

Sementara itu, Dr. Ali Sodiq dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya bisa Kembali mengemban tugas di kampus UIN Sunan Kalijaga. Sebelum bertugas ke Jember, Dr. Ali Sodiq mengemban tugas jabatan sebagai Kepala Bagian Keuangan, Biro AUK UIN Sunan Kalijaga. “Alhamdulillah, saya diberi kesempatan untuk menimba ilmu di Universitas Negeri Jember, yang baru baru ini mendapatkan Rekor Muri karena dapat melakukan percepatan perubahan dari STAIN, ke IAIN, lalu menjadi Universitas Jember dalam satu dekade,” jelas Dr. ali Sodiq.

Disampaikan juga, pihaknya akan patuh pada aturan PMA 46, yang salah satunya menyebutkan bahwa Kepala Biro adalah pelaksana, penanggungjawab adalah Rektor. Oleh karenanya dalam setiap pelaksanaan tugas pihaknya akan patuh kepada semua kebijakan dan perintah Rektor.

Menutup acara serah terima jabatan, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Al Makin menyampaikan sambutannya. Menurutnya, UIN Sunan Kalijaga saat ini sedang dalam proses transisi ke PMA yang baru, dimana restrukturisasi jabatan menjadi lebih padat. Sebagai pejabat baru tapi pernah mengemban amanah di kampus UIN Sunan Kalijaga, yang beberapa saat ini ditempa dengan bertugas sementara waktu di kampus Jember, Dr. Ali Sodiq tentunya akan sangat berarti bagi pengembangan kampus UIN Sunan Kalijaga ke depan. Jamber adalah pintu profesionalitas yang naik, kata Rektor.

Sementara itu, beberapa saat bertugas Bersama Dr. Adb. Syakur, Prof. Al Makin merasakan Pak Sakur memiliki profesionalitas yang baik, Pak Syakur cepat beradaptasi, cepat menyesuaikan ritme UIN Sunan Kalijaga, sehingga pihaknya merasakan kerja sama yang harmonis dengan Pak Syakur. Pihaknya berharap, Pak Syakur juga dapat merasakan UIN Sunan Kalijaga sebagai berkah. Pihaknya juga akan tetap menganggap Pak Syakur sebagai sahabat, saling memahami, tak perlu berkomunikasi, atau tak dekat, tapi tetap saling memahami, kata Rektor.

“Dunia terus berubah, semua sementara, kesenangan, kesedihan, kekhawatiran dan seterusnya semua sementara. Namun persahabatan tidak sementara, mari menjaga persahabatan, dan temukan ritme yang semakin baik untuk bekerja sama dalam kebaikan dan kebajikan,” imbuh Prof. Al Makin. DI akhir sesi Pisah Sambut, Rektor Al Makin memberikan cinderamata berupa lukisan Putra Rektor dengan Putri Pak Syakur, yang menggambarkan keakraban. (Tim Humas)