Menjadi Pioneer, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Buka Program Doktor Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta membuka program doktor Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan telah dilantik ketua program studi doktor PGMI, Prof. Dr. Hj. Istiningsih, M.Pd beserta sekretaris prodi, Dr. Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Kamis, 26/02/2023. Program ini diinisiasi oleh dua dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) yaitu Dr. Ahmad Arifi, M Ag dan Prof. Dr. Hj. Sri Sumarni, M Pd dan mendapat dukungan dari Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta senat Universitas, Prof. Dr. H. Siswanto Masruri. Nantinya, program doktor PGMI ini akan diselenggarakan di Kampus FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang beralamat di Jl. Anggrek No. 137 D Sambilegi Kidul Maguwoharjo, Kec. Depok Sleman. Program ini menjadi yang pertama di Indonesia yang telah mengantongi izin penyelenggaraan dari Menteri Agama RI Nomor 280 Tahun 2023.

Dukungan akademis dan infrastruktur yang memadai di FITK UIN Sunan Kalijaga menjadikan prodi ini siap menyelenggarakan pendidikan secara professional dengan diinisiasi karena kebutuhan yang sangat mendesak. Jumlah lulusan program magister PGMI di Indonesia sudah sangat tinggi dan masyarakat, terutama dari perguruan tinggi, sangat menanti adanya program doktor PGMI. Sebagai Fakultas Tarbiyah tertua dan juga Universitas Islam Negeri tertua, FITK UIN Sunan Kalijaga telah membuka program doktor PGMI yang pertama di Indonesia. Dengan adanya program doktor PGMI di perguruan tinggi lain, FITK UIN Sunan Kalijaga harus mengikuti tuntutan tersebut.

Selain kebutuhan pasar, dukungan akademis dan infrastruktur di FITK UIN Sunan Kalijaga sangat layak dan memadai untuk menyelenggarakan program doktor PGMI secara profesional. Program studi ini telah menyiapkan kurikulum, namun para calon mahasiswa sangat diharapkan untuk menyampaikan keinginannya terkait dengan kemampuan atau kompetensi yang diinginkan. Hal ini akan membantu program studi untuk memberikan pelayanan sesuai dengan harapan, keinginan, dan kebutuhan masyarakat, Prodi telah menyusun kurikulum yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan calon mahasiswa, seperti yang diungkapkan oleh Kaprodi Prof. Dr. Hj. Istiningsih, M Pd. Program doktor PGMI ini akan memiliki durasi pendidikan selama 6 semester, dengan persyaratan masuk melalui seleksi yang dapat diakses secara detail melalui admisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sebagai Fakultas Tarbiyah tertua dan Universitas Islam Negeri tertua di Indonesia, FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta diharapkan dapat memberikan kontribusi positif pada perkembangan pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia melalui program doktor PGMI ini. Pengembangan ilmu dan pengetahuan di bidang ke-PGMI-an menjadi sangat penting dan mendesak. Obsesi dan keunggulan dari prodi PGMI jenjang doktor di FITK UIN Sunan Kalijaga adalah menciptakan ilmuwan sejati serta menghasilkan ilmu baru hasil riset di bidang ke-PGMI-an yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan dosen di dalamnya.

Pihaknya berharap para lulusan dan dosen di prodi ini dapat memberikan kontribusi untuk menemukan ilmu pendidikan dasar dan khususnya pendidikan dasar Islam yang bermanfaat bagi masyarakat di dalam dan luar negeri.

Selanjutnya dekan FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. Hj. Sri Sumarni berpesan dalam pidato pelantikan pengelola prodi, menekankan agar pengelolaan prodi PGMI dilakukan secara profesional, mengikuti perkembangan zaman, fleksibel, serta realistis. Prodi ini menjadi prodi pertama di Indonesia yang memiliki jenjang doktor dan harus menjadi benchmarking bagi kampus lain. PGMI S3 FITK UIN Sunan Kalijaga adalah pioneer, sehingga dapat dijadikan rujukan bagi perguruan tinggi lain. Dekan juga menambahkan bahwa prodi harus belajar dari pihak lain dan siap membantu perguruan tinggi lain yang akan membuka prodi yang sama. Target utama prodi ini adalah pelayanan yang berkualitas. Dekan juga berharap adanya temuan ilmu yang bermanfaat untuk masyarakat luas serta adanya teori-teori baru yang fungsional untuk kehidupan nyata.

Dengan ditambahkannya program doktor PGMI, kapasitas FITK UIN Sunan Kalijaga meningkat. Sebelumnya, FITK UIN Sunan Kalijaga memiliki 17 program studi dengan jenjang sarjana, magister, dan doktor.

Kami seluruh keluarga besar UIN Sunan Kalijaga khususnya FITK mohon doa restu kepada khalayak untuk kelancaran pelaksanaan pendidikan di program doktor PGMI ini. Semoga pengelola dapat mengemban amanah dengan baik. Dengan slogan ‘Meningkatkan Kualitas Generasi Bersama PGMI - S3 UIN Suka’. Akhir kata, semoga Allah SWT senantiasa memberikan ridho-Nya, pungkasnya. (Ihza)