H-1 Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Kalijaga, Daftar Segera!

Kabar gembira bagi para pejuang PTKIN, karena Panitia Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri(UM-PTKIN) masih memberikan kesempatan untuk mendaftar di kampus favorit, termasuk UIN Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta yang merupakan satu-satunya PTKIN Unggul dengan 18 Prodi Terakreditasi FIBAA dan kampus yang meraih Peringkat 1 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi UNIRANK 2023.

"Karena ini adalah jalur nasional dari Kementerian Agama, jadi UIN Sunan Kalijaga menawarkan sebanyak 24 prodi keagamaan yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Adapun kuota yang disediakan untuk jalur UM-PTKIN ini sebanyak 1.364 kursi. Jadi, 50% lebih banyak daripada jalur yang lain," ujar Ir. Aulia Faqih Rifa'i, M.Kom., Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga.

Baca Juga :UM-PTKIN Dibuka Hari Ini, UIN Sunan Kalijaga 1.364 Kuota

Sebelumnya, pendaftaran jalur UM-PTKIN dibuka sampai dengan hari Senin, 15 Mei 2023. Karena tingginya antusias peminat yang ingin mendaftar, maka Panitia Nasional memutuskan untuk memperpanjang periode pendaftaran UM-PTKIN. Calon peserta masih bisa mendaftar dan melakukan pembayaran hingga hari Kamis, 18 Mei 2023 pukul 15.00 WIB melalui laman um.ptkin.ac.id. Sementara itu, untuk batas akhir finalisasi pendaftaran diperpanjang sampai dengan hari Jumat, 19 Mei 2023 pukul 23.59 WIB.

"Ayo, segera daftar! Ini adalah kesempatan emas bagi kalian yang ingin kuliah di UIN Suka dan kami siap menjaring bibit-bibit unggul dari seluruh Indonesia," lanjut Aulia.

Pendaftar harus melengkapi berkas sesuai persyaratan yang tertera pada form registrasi online. Mereka juga harus melakukan pembayaran melalui bank mitra sebesar Rp.200.000,-. Aulia pun menambahkan bahwa sistem ujian pada UM-PTKIN 2023 akan menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) di titik lokasi kampus-kampus PTKIN seluruh Indonesia, termasuk UIN Sunan Kalijaga.Meski pendaftaran diperpanjang, jadwal ujian tidak berubah, tetap akan dilaksanakan serentak secara nasional pada 29 Mei hingga 8 Juni 2023.

"Perpanjangan pendaftaran tidak mengubah jadwal ujian yang akan dilaksanakan secara online onsite. Khusus titik lokasi UIN Sunan Kalijaga, SSE dijadwalkan pada tanggal 29-31 Mei 2023 dan kami sudah mempersiapkan 18 ruangan yang akan digunakan untuk lokasi ujian. Semoga peserta diberikan kesehatan dan dapat mengikuti ujian dengan lancar," pungkasnya.

Informasi lebih lanjut mengenai PMB UIN Sunan Kalijaga tahun 2023 bisa diakses melalui situs https://admisi.uin-suka.ac.id/, layanan telepon +62274-558254, WhatsApp +6281-7230-2020, media sosial @uinsk, dan melalui kanal Youtube UIN Sunan Kalijaga. (Nurul)

Baca Juga : Sosialisasi SPAN UM-PTKIN 2023, UIN Sunan Kalijaga Undang Guru BK se-DIY