Ingin Lanjut Kuliah? UIN Sunan Kalijaga Buka Jalur Mandiri

Setiap orang pasti ingin mengambil pilihan yang terbaik dalam hidupnya, begitu juga dalam memilih universitas. Bahkan banyak yang sudah bergerilya dari tahun sebelumnya demi mendapatkan yang terbaik. Tak bisa dipungkiri, banyak faktor yang dijadikan pertimbangan calon mahasiswa baru (camaba). Mulai dari lokasi, fasilitas, pilihan prodi, beasiswa, sampai dengan akreditasi perguruan tinggi. Bagi para pejuang kampus yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, inilah saatnya untuk menjadi mahasiswa di perguruan tinggi yang diidam-idamkan.

UIN Sunan Kalijaga (UIN Suka) yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sedang membuka jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2023/2024. UIN Suka yang merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terakreditasi Unggul, saat ini memiliki 65 program studi (prodi) yang terdiri dari 41 prodi jenjang sarjana (24 prodi keagamaan dan 17 prodi umum), 18 prodi jenjang magister, serta 6 prodi untuk jenjang doktor.

“18 prodi di antaranya sudah terakreditasi FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation). UIN Suka merupakan PTKIN pertama yang terakreditasi FIBAA. Selain itu, UIN Suka meraih peringkat pertama sebagai PTKIN Terbaik versi UniRank 2023 dari lembaga pemeringkat perguruan tinggi yang berpusat di Sydney Australia, yakni 4 International College and Universities (4ICU). Ini menunjukkan komitmen kampus dalam menyediakan pendidikan berkualitas tinggi yang memenuhi standar internasional. Kami juga berterima kasih atas semua dukungan dan kepercayaan semua pihak yang sudah berjuang bersama demi UIN Sunan Kalijaga untuk Bangsa, UIN Sunan Kalijaga Mendunia,” ujar Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. Dr. H. Iswandi Syahputra, S.Ag., M.Si.

Baca Juga : Workshop Akreditasi Internasional di UIN Sunan Kalijaga. FIBAA Serahkan Sertifikat Akreditasi Internasional

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa calon mahasiswa jenjang sarjana yang belum diterima melalui jalur nasional Kemendikbud Ristek maupun Kemenag masih mempunyai peluang untuk mendaftar di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melalui Jalur Mandiri. Jalur Mandiri merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan UIN Sunan Kalijaga untuk pilihan semua program studi baik umum maupun keagamaan. Jalur Mandiri dapat diikuti oleh pendaftar lulusan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu'adalah atau Paket C yang setara tahun 2023, 2022, 2021, dan 2020.

“Caranya mudah, hanya membayar biaya seleksi PMB melalui Bank Mandiri bisa langsung ke Teller, ATM, Livin’, atau Internet Banking dengan kode bayar sesuai jenis seleksi dan diikuti tanggal lahir calon mahasiswa format ddmmyyyy. Kemudian, mengisi formulir online hingga cetak kartu di laman admisi.uin-suka.ac.id dengan memasukkan ID dan PIN yang tertera pada bukti/struk pembayaran,” jelas Prof. Iswandi.

Beliau menambahkan bahwa pada Jalur Mandiri dapat memilih 2 (dua) pilihan program studi dari 41 prodi pilihan jenjang sarjana yang ada di UIN Sunan Kalijaga. Adapun 3 (tiga) jenis seleksi Jalur Mandiri UIN Sunan Kalijaga, sebagai berikut:

1. Prestasi

Mandiri Prestasi merupakan seleksi bagi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi bidang akademik, seni, olahraga, keagamaan, atau hafalan Al-Qur’an minimal 26 Juz. Calon mahasiswa harus melampirkan ijazah/piagam prestasi individu juara 1-3 tingkat nasional dan sertifikat tahfidz Qur’an bagi Hafiz yang dikeluarkan oleh Kementerian atau Lembaga Negara Republik Indonesia selama di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.250.000 dengan kode bayar untuk Jalur Mandiri Prestasi adalah 981.

Adapun jadwal pendaftaran dibuka dari tanggal 3 April-9 Juni 2023 dan verifikasi wawancara online dilaksanakan pada tanggal 12-15 Juni 2023. Sementara, pengumuman hasil jalur Mandiri Prestasi pada 24 Juni 2023.

2. Computer-Based Test (CBT)

Mandiri CBT merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan ujian online menggunakan sistem operasi Android. Seleksi CBT dilakukan dari rumah menggunakan ponsel dan data internet yang telah disediakan oleh peserta ujian. Pada Seleksi CBT, dibagi menjadi 2 (dua) kelompok ujian seleksi. Yang pertama, pilihan prodi Sains, peserta mengikuti kelompok ujian CBT IPA. Dan kedua, pilihan prodi Isoshum, peserta mengikuti kelompok ujian CBT IPS. Sebelum mengisi formulir online, calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.300.000 dengan kode bayar untuk Jalur Mandiri CBT IPA adalah 985 dan Jalur Mandiri CBT IPS adalah 986.

Pada jalur CBT, calon mahasiswa harus mengikuti tes seleksi dengan materi, sebagai berikut:

  • Tes Potensi Akademik (TPA) : Verbal, Numerik, Penalaran;
  • Tes Dirasah Islamiyah (DI) : Al-Qur’an dan Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam, Tauhid, Akhlak, dan Fikih;
  • Tes Bahasa : bahasa Arab dan Bahasa Inggris;Tes Kemampuan Dasar IPA : Matematika, Kimia, Biologi, dan Fisika;
  • Tes Kemampuan Dasar IPS : Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Untuk jadwal pendaftaran Mandiri CBT dibuka dari tanggal 3 April-4 Juli 2023 dan jadwal seleksi dilaksanakan pada tanggal 5-14 Juli 2023. Sementara, pengumuman hasil CBT pada 24 Juli 2023.

3. Portofolio

Jalur Mandiri Portofolio adalah jenis seleksi tanpa tes. Ada 4 (empat) jenis seleksi Portofolio di UIN Sunan Kalijaga, yaitu :

- Portofolio Keberagaman untuk calon mahasiswa Non Muslim atau calon mahasiswa dari daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). UIN Sunan Kalijaga merupakan PTKIN pertama yang membuka jalur keberagaman sebagai langkah nyata kampus untuk menjaga keberagaman dan kebhinekaan bangsa di tengah banyaknya perbedaan. Calon mahasiswa yang ingin mendaftar melalui Jalur Portofolio Keberagaman bisa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.250.000 dengan kode bayar 912.

Adapun jadwal pendaftaran Portofolio Keberagaman dibuka dari tanggal 3 April-9Juni 2023 dengan melampirkan KTP Non Muslim atau KTP berdomisili 3T pada saat pengisian formulir online. Selain itu, calon mahasiswa juga mengupload surat rekomendasi pimpinan organisasi keagamaan/masyarakat, mengupload esai bertema keberagaman, dan mengupload statement of purpose. Sementara, jadwal verifikasi online dilaksanakan pada tanggal 12-15 Juni 2023 dan hasilnya akan diumumkan pada 24 Juni 2023.

Baca Juga : Sosialisasikan Jalur Keberagaman dan 3T, UIN Sunan Kalijaga Kunjungi Kanwil Kemenag Bali dan UHN I Gusti Bagus Sugriwa

- Portofolio Khusus Difabel Calon Mahasiswa dengan menyertakan Surat Keterangan Disabilitas dari dokter/psikolog. Calon mahasiswa terlebih dahulu melakukan konsultasi peminatan dan pemilihan prodi yang sesuai dengan menghubungi Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Suka dengan nomor telepon +62274-519709 atau email pld@uin-suka.ac.id. Calon mahasiswa yang ingin mendaftar melalui jalur ini bisa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.250.000 dengan kode bayar 988. Adapun jadwal pendaftaran dibuka dari 3 April-4 Juli 2023, seleksi pada 5-14 Juli 2023, dan pengumumannya pada tanggal 24 Juli 2023.

- Portofolio Luar Negeri bagi calon mahasiswa baru Luar Negeri yang telah lulus setara dengan pendidikan menengah. Calon mahasiswa bisa menghubungi International Office (CDCIA) melalui email io@uin-suka.ac.id atau layanan telepon +62274-512474. Adapun jadwal pendaftaran dibuka dari 3 April-4 Juli 2023 dengan kode bayar 989 dan biaya pendaftaran Rp.250.000. Verifikasi online dilaksanakan pada tanggal 5-14 Juli 2023 dan hasilnya diumumkan pada tanggal 24 Juli 2023.

- Portofolio Skor UTBK-SNBT/UM-PTKIN dengan menggunakan nilai UTBK-SNBT atau nilai UM-PTKIN tahun 2023. Calon mahasiswa melakukan pembayaran sebesar Rp.250.000 dengan kode bayar 910 (UTBK-SNBT) dan kode bayar 911 (UM-PTKIN). Setelah itu, mengisi formulir online pada laman admisi.uin-suka.ac.id dengan mengupload sertifikat nilai UTBK-SNBT atau menginput nomor peserta UM-PTKIN. Jadwal pendaftaran dibuka dari tanggal 21 Juni-4 Juli 2023 dan hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 24 Juli 2023.

Khusus untuk calon mahasiswa yang ingin memilih prodi Bahasa dan Sastra Arab atau prodi Pendidikan Bahasa Arab harus memiliki nilai rapor Bahasa Arab minimal 7 (tujuh). Demikian juga, yang ingin memilih prodi Sastra Inggris, calon mahasiswa harus memiliki nilai rapor Bahasa Inggris minimal 7 (tujuh).

“Bagi yang penasaran dengan UIN Sunan Kalijaga bisa mengakses website uin-suka.ac.id. Untuk informasi mengenai PMB UIN Sunan Kalijaga tahun 2023 mengunjungi situs https://admisi.uin-suka.ac.id/, layanan telepon +62274-558254,WhatsApp +6281-7230-2020, media sosial@uinsk, dan melalui kanal Youtube UIN Sunan Kalijaga. Ingin lanjut kuliah? Di UIN Suka aja!” ajak WR I Prof. Iswandi. (Nurul)

Baca Juga : Sosialisasi SPAN UM PTKIN UIN Sunan Kalijaga Tahun 2023