Tim Pengembangan Kelembagaan UIN Sunan Kalijaga Studi Banding ke 3 UNHAS. UNM dan UIN Alauddin Makassar

Alhamdulillah, Tim UIN Sunan Kalijaga menjajaki Makassar untuk studi banding dalam melakukan kajian lapangan kelembagaan mulai Senin s.d Kamis pada tanggal 20 November 2023 s.d 23 November 2023. Ketiga perguruan tinggi yang dikunjungi ialah Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar dan UIN Alauddin Makassar. Tim UIN Sunan Kalijaga yang belajar ke Makassar di antaranya ialah Dr. H. Jarot Wahyudi, S.H. M.A. (Ketua Pusat Studi Manajemen Pendidikan Tinggi), Dra. Rahmi Tri Mei Maharani, M.M. (Bagian Kerjasama dan Kelembagaan), Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. (WD I FISHUM), Ir. Muhammad Taufiq Nuruzzaman, S.T. M.Eng., Ph.D. (Kepala UPT Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data), Dr. Andi Holilulloh, S.Pd.I., M.A. (Dosen dan Anggota IO UIN Sunan Kalijaga). Faozi Barkah, S.Ag.,S.H. (Sub Bagian Pengembangan Lembaga Suhari Pengadministrasi Persuratan), dan Suhari (Pengadministrasi Persuratan)

Kami belajar ke Makassar yang mana kami mendapat sambutan sangat hangat oleh ketiga pihak perguruan tinggi (UNHAS, UNM dan UIN Alauddin). Tujuan kedatangan kami ke Makassar ialah untuk belajar kelembagaan terkait Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) sebagai bentuk persiapan kami terkait tata kelola akademik maupun non-akademik. Pertama, kami belajar ke UNHAS dan disambut oleh Sekretaris Universitas (UNHAS) Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil., Ph.D., menyampaikan “UNHAS memiliki asset terbanyak dan berhasil meraup kesuksesan sekian Trilliun setelah UNHAS mulai berubah menjadi PTN-BH sejak tahun 2015 dan transformasi penuh di tahun 2017.”

Ketua tim UIN Sunan Kalijaga juga menyatakan “Sudah saatnya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mulai melangkah lebih siap menuju PTN-BH karena kami (UIN Jogja) pada dasarnya sudah siap dari berbagai aspek. Sehingga kemajuan UIN Sunan Kaljaga semakin bagus dan terdepan,” ungkapnya. Selain itu, Prof. Dr. Ir. Nasaruddin Salam, M.T. (Ketua TIM PTNBH UNHAS) menyatakan “pihaknya untuk mengawali PTNBH itu ada sekretaris universitas yang membawahi beberapa Biro dan Pusat, pusat reputasi ada di bawah sekun dan yang mengurusi ada : kantor urusan internasional, pusat menejemen publikasi. Sekretaris Universitas UNHAS juga menyampaikan bahwa keberhasilan universitasnya menjadi peringkat ke-4 se-Nasional PTN-BH dan mendapatkan emas dalam SNI awards,” ungkapnya.

Selain dengan Universitas Hasanuddin, delegasi UIN Sunan Kalijaga juga banyak mengambil manfaat dan belajar lebih dalam kepada Universitas Negeri Makassar dan UIN Alauddin Makassar. Tidak hanya sharing bersama terkait manajemen PTN-BH, namun saling tukar informasi terkait pengelolaan universitas dari sisi ICT atau pangkalan data dan Informasi, terkait layanan difable di perguruan tinggi dan juga Kerjasama internasional antar perguruan tinggi luar negeri dan pelayanan terhadap mahasiswa asing. Semoga UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta semakin lebih baik lagi dalam pengembangan universitas setelah belajar banyak dari ketiga perguruan tinggi hebat di Makassar ini. (RTM/Faozi/Andi)