Wakil Rektor 2 Menutup Kegiatan Expo Kemandirian Pesantren; Semua Elemen Diajak Memelihara Semangat Juang dan Etos Kerja

Wakil Rektor 2, Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan UIN Sunan Kalijaga, Dr. Moch. Sodik, menutup kegiatan EXPO Kemandirian Pesantren 2024 bertempat di halaman Gedung Poliklinik, kampus UIN Sunan Kalijaga, 18/10/2024. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat antara lain; Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si.; Wakil Rektor 3, bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, Dr. Abdur Rozaki, Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan, Dr. Ali Sodiq, serta Katim Potren Bidang PAKIS Kemenag DIY, Abdu Naim, beserta pejabat terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Dr. Mochamad Sodik menegaskan bahwa EXPO Kemandirian Pesantren, yang berlangsung selama tiga hari, mencerminkan transformasi signifikan yang dialami oleh santri masa kini. "Santri, selain mengaji, juga menunjukkan kreativitas yang luar biasa. Mereka merupakan elemen krusial dalam pembangunan Republik Indonesia." Tuturnya.

Figur yang juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora selama dua periode ini menambahkan bahwa tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan” sangat menarik dan relevan. Ia menekankan bahwa perjuangan para ulama dan syuhada memiliki makna yang luar biasa dalam konteks sejarah dan perkembangan umat. Oleh karena itu, semangat juang dan etos kerja menjadi hal yang krusial bagi para santri untuk terus dirawat dan dikembangkan.

Ia menambahkan bahwa kolaborasi antara UIN Sunan Kalijaga dengan Kanwil diharapkan dapat diteruskan, mengingat potensi yang ada untuk mencapai cita-cita bersama. Dengan bersatu dan berkolaborasi, banyak kemungkinan yang bisa dibangun untuk masa depan. Kerja sama yang dilakukan secara simultan menunjukkan bahwa santri memiliki kemampuan untuk berkontribusi lebih luas. Saat ini, mereka dapat menjangkau dunia yang lebih luas dan berperan aktif dalam perkembangan global. Melalui kerja sama yang solid, kehidupan yang lebih bermartabat dapat terwujud, dan upaya menciptakan dunia yang lebih membahagiakan pun menjadi lebih mungkin.

Wakil Rektor 2 juga mengapresiasi berbagai produk yang dipamerkan dalam acara ini yang mencerminkan kekuatan dan kreativitas para santri. Mereka hadir sebagai simbol harapan baru, menunjukkan komitmen untuk terus tumbuh dan belajar demi memberikan manfaat serta kebaikan di masa depan. “Pelihara terus daya juang agar lebih baik untuk kita semua di masa depan” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, diumumkan pula pemenang lomba menyanyi lagu Islami, yang berhasil meraih gelar juara. Vania Luna Astami dari Pondok Pesantren Al Azhar Wonosari meraih Juara III, diikuti oleh Aulia Azkia Nurozi dari Pondok Pesantren Padzluminaallah sebagai Juara II, dan Kenia Sifa Kirana dari MAN 5 Sleman yang berhasil meraih Juara I. Keberhasilan para peserta ini tidak hanya mencerminkan bakat mereka dalam seni, tetapi juga menunjukkan semangat dan dedikasi santri dalam mengembangkan potensi diri di berbagai bidang. (tim humas)