Mahasiswa UIN JOGJA Juara Debat Bahasa Arab Online.

Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA) berhasil menjuarai perlombaan Debat Bahasa Arab Online tingkat Mahasiswa yang diselenggarakan ITHLA Indonesia (Ittihadu Tholabah Al-lughotul Arabiah Indonesia) 8-19/2020. Tim Debat Bahasa Arab UIN Suka terdiri dari Munzila Adelawati, Riyan Bisril Karomi dan Rahmat Hidayat. Puji syukur dalam kesempatan ini mendapat gelar juara 1, kata Riyan kepada humas mewakili kedua rekannya.

Perlombaan ini terdiri dari 4 tahapan yaitu penyisihan menggunakan sistem point, perempat final, semifinal dan Final menggunakan sistem gugur. "Awalnya kami merasa tegang melihat peserta yang begitu banyak dengan sistem daring."ujar Riyan. Terdapat 16 Tim yang lolos dan berhak ikut serta dalam kompetisis semi final, antara lain: UIN SGD, UIN Jakarta, UIN SUSKA Riau UIN Jambi, IAIN Kendari, UNUJA dll.

"Ketika di penyisihan kita kesulitan dengan sistem Daring. Alhamdulillah berkat proses yang panjang, berlatih hampir tiap hari seusai sholat isya. kadang dimasjid UIN atau Masjid Sapen. Juga bimbingan Kak Zul, Kak Ulmi, dan Kakak senior lainnya. Dan Motivasi dari Pak Burdah. Kami lebih percaya diri,” tambah Munzila.

"Ini pertama kalinya kami lomba dengan sistem Daring, sinyal sering jadi kendala, ujar "Rahmat". Mosi dibagikan panitia 12 Jam sebelum perlombaan. Dibabak Final tim debat BSA UIN Suka berhadapan dengan tim Al Hadr UIN Jakarta.

Kompetisi Debat Bahasa Arab Online yang diadakan ITHLA berasal dari keresahan dirumah aja karena covid. Juga didukung oleh debater-debater profesional se-Indonesia. Harapannya semoga kami dapat memberikan hasil yang lebih baik lagi. (Weni)