Workshop Moderasi Beragama Sesi 3: Iceberg Analysis & U-Process

Pada Sesi ke-3 Workshop Moderasi Beragama UIN Sunan Kalijaga Moh. Adib Machrus, Kasubdit Bina Keluarga Sakinah, Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam), Kementerian Agama RI, menyampaikan materi tentang strategi mengenali masalah dimasyarakat, mencari penyebabnya dan memecahkannya secara mengakar dan komprehensif. Strategi ini disebutnya dengan istilahIceberg Analysis & U-Process,yakni satu metode perubahan/transformasi sosial dengan menjalani proses sebagai berikut.

Pertama, mengenal apa yang terjadi. Dalam hal ini, seseorang harus menangkap fakta yang sesungguhnya, bukan opini, asumsi atau dugaan. Kedua, mengetahui pola, kecenderungan dan tren terkait dengan fakta tersebut yang mencakup sikap, perilaku dan kebiasaan yang dapat dilihat. Ketiga, mencari struktur penyebab munculnya fakta tersebut yang mencakup tradisi, budaya, sistem pemerintahan dan lain-lain. Keempat, menggalimental model(model mental) yang menjadi penyebab utama perilaku dan sikap seseorang.Mental modelini mencakup paradigma, perspektif dan pola pikir.

Kelima, mengubah paradigma dengan rethinking atau memikirkan ulang mental model. Keenam,redesigning(mendesain kembali) kebijakan, program kerja, reward dsb. Ketujuh,reframing/membuat kerangka baru dalam rangka transformasi perilaku sosial, misalnya, dengan melakukan supervisi. Kedelapan, melakukan aksi baru (reacting) yang menunjukkan adanya perubahan perilaku dan sikap yang lebih baik.

Adib Machrus menegaskan bahwa langkah-langkah tersebut harus dilakukan secara serius dan berurutan agar sukses dalam mentransformasikan perilaku sosial. Dia juga menegaskan bahwa metode ini juga bisa diterapkan untuk mengatasi problem intoleransi dan radikalisme agama yang berkembang saat ini di tengah-tengah masyarakat. Untuk memperjelas metode ini Alissa Wahid memberikan contoh-contoh konkretnya pada sesi ini.(Tim humas)