Persiapan Maksimal UIN Sunan Kalijaga sebagai Penyelenggara Tes SKD CASN 2021

Sejumlah 1355 akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) lingkup Kementerian Agama, di kampus UIN Suka. Jumlah tersebut terdiri dari 1349 orang CASN dan 6 orang CPPPK.

Baca juga: UIN Sunan Kalijaga Jadi Tempat Penyelenggaraan SKD CASN

Seleksi CASN dan CPPPK dilaksanakan 23 s/d 26 Oktober 2021, di ruang ICT, Gedung K.H.A. Wahab Hasbullah (Rektorat Lama) kampus UIN Suka. Panitia penyelenggara seleksi SKD lingkup Kementerian Agama kali ini merupakan kerja sama antara kepanitiaan Kemenag Provinsi DIY dan UIN Sunan Kalijaga (panitia gabungan). Untuk memastikan kesiapan maksimal seluruh komponen penyelenggaraan seleksi SKD, panitia gabungan melakukan apel kesiapan tim kepanitiaan, di gedung Prof. H.M. Amin Abdullah, 21/10/2021. Mengawali apel kesiapan, Kepala Biro Administrasi Umum dan Kemahasiswaan, Dr. H. Abd. Syakur, S. Ag., M. Si., menyampaikan wejangannya, agar seluruh panitia melakukan komunikasi dengan baik dalam mempersiapkan ruangan untuk tes, sarana dan prasarana, agar tugas kolaboratif ini dapat melayani sebaik-baiknya seluruh peserta seleksi.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Provinsi DIY, Dr. H. Masmin Afif, M. Ag., dalam arahannya antara lain menyampaikan, bahwa apel kali ini dimaksudkan untuk mempersiapkan tugas-tugas panitia, mengoptimalkan koordinasi, untuk mendukung kesuksesan pelayanan masyarakat yang sudah dengan serius menjemput nasib. Maka yang diberikan amanah untuk melayani para peserta seleksi SKD, diharapkan dapat melayani dengan ikhlas, dan pelayanan maksimal. Pihaknya berharap panitia seleksi CASN dan CPPPK kali dapat meraih catur sukses: sukses penyelenggaraan, sukses protokol kesehatan (tidak menimbulkan cluster baru), sukses hasil tes (yang diterima benar-benar yang terbaik dari yang ikut seleksi sesuai kompetensi yang diharapkan Pemerintah) dan sukses pelaporan (seberapapun anggaran penyelenggaraan harus bisa dipertanggungjawabkan). “Para peserta seleksi adalah warga masyarakat yang ingin mengubah nasib, sudah mempersiapkan diri sebaik-baiknya, jadi seluruh panitia memiliki tanggung jawab moral untuk melayani dengan baik, adil dan terbuka,” demikian harap Dr. Masmin Afif.

Baca juga: Alur Lokasi Pelaksanaan Tes SKD CASN 2021di UIN Sunan Kalijaga

Dari pantauan humas ke lokasi, ruang-ruang ICT untuk pelaksanaan ujian sudah siap 100%. Panitia menyediakan tiga ruang ICT, tiap ruangan disediakan 30 perangkat TI. Jadi setiap sesi dapat memfasilitasi 90 orang peserta seleksi. Sementara dalam sehari akan dilaksanakan sebanyak empat sesi seleksi selama pelaksanaan seleksi, 23 s/d 26/10/2021. Sebelum memasuki ruangan, peserta diharuskan melakukan cek badan dan suhu tubuh, dan menitipkan bawaan ke tempat penitipan yang sudah disediakan panitia. Yang dibawa peserta seleksi hanya kartu ujian, kartu identitas, dan kartu deklarasi sehat, Setelah itu peserta melakukan cek kartu ujian untuk mendapatkan PIN agar dapat mengikuti ujian CBT. Panitia juga menyediakan ruangan khusus untuk peserta yang hamil dan difabel, juga ruangan untuk peserta yang suhu badannya tinggi. (Tim Humas)