Menuju UIN Suka Mendunia, Biro AAKK dan CDCIA UIN Suka Kunjungi Kedubes Thailand dan Malaysia

Kamis, 21 Oktober 2021, rombongan Bidang Kerjasama dari UIN Sunan Kalijaga melakukan kunjungan ke Kedutaan Besar Thailand di Indonesia dan Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia. Rombongan terdiri dari Dr. H. Mamat Rahmatullah selaku Kabiro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dra. Rahma Tri Mei Maharani, M.M selaku Kabag Kerjasama dan Kelembagaan, Ambar Sari Dewi, S.Sos., M.Si., P.hD. dan Dr. Esti Wahyu Widowati, M.Si selaku Ketua dan Sekretaris CDCIA. Rombongan juga melibatkan Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc. (Staf CDCIA), Arizal Ashar Fauzi, S.Kom, dan Apriani Dwi Astuti (Staf Bagian Kerjasama dan Pengembangan Lembaga).

Kedubes Thailand menjadi tujuan pertama perjalanan hari itu. Rombongan disambut dengan hangat oleh Mrs. Jirapon Sudanich, Charge d’Affaires Kedubes Thailand dan Sirikanya Noi-Arun, First Secretary. Pembahasan antara kedua belah pihak berkaitan dengan kerjasama antar Instansi, promosi UIN Sunan Kalijaga ke di Thailand, internship dan exchange mahasiswa dan dosen UIN di Thailand. Kunjungan hari itu dilanjutkan ke Kedubes Malaysia. Seperti halnya kunjungan di Thailand, kunjungan di Malaysia juga mendapatkan sambutan hangat. Rombongan diterima oleh Profesor Madya Dr. Mior Harris Bin Mior Harun (Pengarah Education Malaysia Indonesia), Mohd. Mubarak bin Shamsuddin (Education Attache), dan beberapa staf lainnya yang turut menghadiri pertemuan tersebut.

Diskusi kerjasama menjadi pokok pembahasan antara kedua belah pihak. Pihak Kedutaan menyampaikan peluang-peluang kerjasama dengan berbagai institusi, baik institusi pendidikan, institusi publik, maupun swasta. Peluang kerjasama yang dibahas di antaranya dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kerja sama seperti ini akan memberikan dampak yang positif bagi pihak-pihak yang terkait.

Dua kunjungan tersebut menurut Bapak Kabiro AAKK diharapkan memberikan dampak positif untuk peningkatan kualitas UIN Sunan Kalijaga yang telah memperoleh akreditasi Unggul. Selain itu, inisiasi kerjasama dengan instansi-instansi luar negeri sejalan dengan program internasionalisasi universitas dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).