UIN Suka Melakukan MoU Pembiayaan UKT dengan PT. Inclusive Finance Group

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan penandatangan MoU kerja-sama pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan PT. Inclusive Finance Group (Dana Cita), bertempat di ruang pertemuan lantai 3, gedung Prof. Saifuddin Zuhri, 21/4/2022. Naskah Mou ditandatangani oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Al Makin, dan Direktur Utama PT. Dana Cita, Alfonsus Dwianto Wibowo.

Hadir pada acara penandatangan Mou kali ini antara lain: Wakil Rektor 3, Dr. Abdur Rozaki, Kabiro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja-sama, Dr. Mamat Rahmatullah, Kabiro Administrasi Umum, dan Kemahasiswaan, Dr. Abdul Syakur, para pejabat Dekanat, Kabag Kerjasama, Dra. RTM. Maharani, M.M., dan dari PT. Danacita; Naga Tan (CEO), Alfonsus Dwianto Wibowo (Direktur Utama), Monica Wang (Manager Partnership), Vania Nadia (Asisten Manager Partnership), Arsyen Zain (tim Partnership) Grace Theofani (Tim Business Development), Reza Vivin (Tim Business Development).

Melalui perjanjian kerja-sama ini kedua belah pihak menyepakati penyediaan dana dari PT. Dana Cita dengan perjanjian akad kredit, untuk keperluan pelaksanaan; pendidikan, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat, pembiayaan untuk pendidikan dan pelatihan bagi Mahasiswa dan Dosen, peningkatan dan pemberdayaan sumber daya, seminar, workshop, dan pelatihan bersama. Kedua belah pihak juga menyepakati untuk menyelenggarakan program-program sharing knowledge, penugasan profesional sebagai dosen tamu, magang mahasiswa dan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), serta kegiatan lain yang disepakati kedua belah pihak.

Dalam sambutannya mengawali penandatangan naskah MoU, Prof. Al Makin berharap kerjasama ini dapat lebih melancarkan program-program akademik UIN Suka yang memerlukan pembiayaan cepat. Sementara terkait bantuan berbentuk loan untuk pembayaran UKT mahasiswa yang pada waktu pembayaran, mahasiswa belum bisa memenuhi, tentunya dapat meringankan beban mahasiswa, sehingga tidak terganggu proses perkuliahannya. Seperti diketahui, saat ini UKT di UIN Suka berkisar antara Rp. 400.000,- hingga Rp. 9.000.000,- masih banyak mahasiswa yang tidak bisa membayar pada waktunya, sehingga jika Dana Cita yang menalangi pembayaran UKT, dan mahasiswa mencicilnya, tentunya akan meringankan. Kerja-sama inijuga diharapkan bisa menjadi alternatif bagi mahasiswa", demikian jelas Rektor.

Sementara itu Alfonsus menjelaskan, terkait dengan bantuan kredit untuk pembayaran UKT, UIN Suka bertindak sebagai fasilitator. Dana langsung dibayarkan ke rekening UIN Suka. Sementara akad kredit menjadi urusan personal mahasiswa.

“Misi kami adalah Membantu Perguruan Tinggi agar Mahasiswa dapat menjangkau UKT tepat waktu. Mahasiswa juga tidak terbebani karena cicilannya ringan. Kami membantu meringankan beban pembayaran UKT untuk mahasiswa tidak mencari dana ke tempat yang salah, dan agar mahasiswa dapat fokus belajar. Kami sudah membantu pembiayaan UKT lebih dari 300.000 orang mahasiswa, 100.000 orang diantaranya sudah selesai kuliah, demikian jelas Alfonsus. Usai penandatanganan MoU dilanjutkan sosialisasi program-program pembiayaan dari Dana Cita oleh Varia Nadia. (Weni/Alfan/Ihza)