Pembangunan Gedung Kuliah terpadu UIN Suka Segera Dimulai, UIN Suka Melakukan Penandatanganan Kontrak Kerja-Sama dengan Penyedia Jasa Kontruksi

Tidak lama lagi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta akan memiliki Gedung Kuliah terpadu, dilengkapi kawasan parkir terpadu. Gedung empat lantai, dibangun dengan dana Skema Surat Berharga Syari’an Negara (SBSN). Gedung Kuliah Terpadu tersebut akan didirikan di atas lahan parkir kampus Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Jl. Marsda Adisucipta. Gedung Kuliah Terpadu akan membawa manfaat yang sangat besar bagi kelancaran perkuliahan semua fakultas yang ada di kampus UIN Suka.

Tahap tahap pelaksanaan pembangunan dilakukan sesuai rencana. Setelah perjanjian kerja-sama dengan Jasa Konsultan Perencana, yakni; PT. Pola Dwipa selesai melaksanakan pekerjaan, berlanjut dengan agenda Kontrak Kerja Konsultan Manajemen Konstruksi Pembangunan, yakni dengan PT. Arss Baru Yogyakarta, yang akan mengawal proses teknis pengawasan selama pekerjaan konstruksi. Kali ini ditandatangani Kotrak Kerja-Sama dengan Penyedia Jasa Konstruksi, yakni PT. PT. Heri Jaya Palung Buana. Penandatanganan Kontrak Kerja-Sama dilakukan oleh Arya Wirabuana, S.T., M. Sc., IPM., CIPM., selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) SBSN UIN Suka dan Hanisar Achmad Fauzan, S.I.Kom, selaku Direktur PT. Hari Jaya Palung Buana, bertempat di ruang pertemuan,Gedung Prof. Saifuddin Zuhri, 6/6/2022. Disaksikan: Wakil Rektor 2, bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Prof. Dr. Phil Sahiron, Komisaris PT. Hari Jaya Palung buana, Yunan Suhani Putra, S.T., serta dibersamai Rektor UIN Suka, Prof. Al Makin selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

Hadir pada agenda kali ini, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Al Makin, Wakil Rektor 2, bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Prof. Dr. Phil Sahiron, selaku Ketua Tim Pendamping, Arya Wirabuana, S.T., M. Sc., IPM., CIPM., selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Gedung Skema SBSN, anggota Tim Pendamping yang terdiri dari; Wakil Rektor 1, bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. Iswandi Syahputra, Wakil Rektor 3, bidang Kemahasiswaan dan Kerja-sama, Dr. Abdur Rozaki, dan para pejabat di lingkup PAU, serta Ketua UPKP, Radiman, S.T., M.T., beserta timnya. Hadir pula dari Jasa Konsultan Perencana, PT. Pola Dwipa dan Jasa Konsultan Manajemen Konstruksi Pembangunan, PT. Arss Baru Yogyakarta, yang telah menyelesaiakan pekerjaan perencanaan dan manajemen, dan hadir pula Kabid. Ciptakarya PUP ESDM Propinsi DIY, selaku tim pendaping pembangunan Gedung Kuliah Terpadu, Arof Azazie Zain, S.T., M. Eng., serta tim dari PT. Hari Jaya Palung Buana.

Arya Wira Buana dalam laporannya mengawali penandatanganan kontrak antara lain menyampaikan, penandatanganan Kontrak Kerja Jasa Konstruksi menjadi penanda proses lelang berakhir, dan mengawali dilaksanakannya pembangunan Gedung Kuliah Terpadu UIN Suka. Pada awal pelaksanaan lelang jasa konstruksi , panitia lelang menerima 30 pendaftar. Hanya 14 pendartar dari 30 pendaftar tersebut yang memasukkan penawarannya. Kemudian terpilih 3 pendaftar untuk dipilih lagi 1 pendaftar pemenang lelang. Dan dimenangkan oleh PT. Hari Jaya Palung Buana, yang beralamat Jl. Kalimantan I/137-A Sono RT. 05 RW. 60 Sinduadi, Mlati, Sleman, karena yang paling memenuhi persyaratan.

Sementara dalan naskah kerja-sama disepakati, sebagai perusahaan konstruksi pemenang lelang, PT. Hari Jaya Palung Buana akan mengerjakan Pembangunan Gedung Kuliah Terpadu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun anggaran 2022, dengan lama pekerjaan ditetapkan dalam kontrak kerja-sama , yakni 174 hari. Sementara Nilai Pagu yang ditetapkan untuk pembangunan gedung kuliah terpadu ini sebesar Rp. 32.300.000.000,- Sedangkan nilai kotrak yang disepakati dalam kontrak adalah Rp.28.695.300.000,- dengan nomor kontrak 100.1/Un.02/PPK/LK.03/2022. Sehingga ada efisiensi nilai kotrak dengan Pagu yang disetujui akan dimanfaatkan untuk optimalisasi pembangunan. Demikian jelas Arya Wira Buana.

Radiman, S.T., M.T., menambahkan, Gedung Kuliah terpadu UIN Suka akan menempati lahan seluas 6200 M2, sedangkan pemanfaatan gedung nantinya; lantai 1 untuk area parkir, lantai 2 untuk parkir dan Microteaching, lantai 3 untuk ruang pengelola, ruang kelas, ruang lobby, dan toilepodcasting dan lantai 4 untuk ruang pertemuan/meeting.

Dalam sambutannya, Prof. Sahiron berharap, proses pembangunan Gedung Kuliah terpadu dapat berjalan aman dan lancar. Pengalaman pelaksanaan pembangunan di kampus FEBI tahun 2016 dan 2018 yang sudah selesai bisa dijadikan cermin. Pembangunan tahun 2016 waktunya melebihi dari tahun anggaran berjalan sehingga harus dihentikan dulu. Pembangunan tahun 2018 dapat berjalan lancar. Namun secara umum program serapan anggaran di UIN Suka cukup baik. Pihaknya berharap serapan anggaran Skema SBSN untuk pembangunan Gedung Kuliah terpadu kali ini tepat waktu, maksimal Desember 2022 selesai, sehingga aman dari sisi anggaran.

Senada dengan Wakil Rektor 2, Rektor UIN Suka, Prof. Al Makin pesankan agar proses pembangunan Gedung Kuliah terpadu berjalan tepat waktu dan selalu mentaati aturan sebaik-baiknya. Karena jika pekerjaan tertunda dari waktu yang telah disepakati, maka prosesnya bisa panjang. Harus mengembalikan sisa anggaran ke negara dulu, dan membuka kembali lelang pekerjaan di tahun berikutnya. Oleh karena itu Prof. Al Makin berharap tim kontraktor dan tim SBSN UIN Suka dapat bekerja-sama secara bersahabat, dan selalu terbuka komunikasinya, agar pembangunan Gedung Kuliah Terpadu dapat berjalan baik dan lancar, dapat terbangun gedung yang berkah dan memiliki kemanfaatan yang banyak bagi kemajuan kampus UIN Suka. Bagi kontraktor juga dapat menghasilkan rejeki yang berkah dan perusahaan semakin maju, demikian harap Prof. Al Makin.

Sebagai bentuk spirit bersama pembangunan Gedung Kuliah Terpadu, usai penandatangan kontrak kerja-sama dilakukan doa bersama dipimpin Prof. Maragustam, dan pemotongan tumpeng oleh Prof. Al Makin diserahkan kepada Direktur Direktur PT. Hari Jaya Palung Buana, Hanisar Achmad Fauzan, S.I.Kom. (Doni/Weni)