Maba UIN Suka Ikuti Sosialisasi Pembelajaran, Rektor UIN Suka Keliling Fakultas Menjalin Keakraban dengan Maba

Mengawali masa perkuliahan sejumlah 4.265 mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga mengikuti Sosialisasi Pembelajaran (Sospem) selama 3 hari (21 sd 24/8/2022). Agenda Sospem berlangsung di fakultas masing–masing melibatkan seluruh Dosen untuk mengenalkan model pembelajaran di kampus ini. Di sela sela agenda pada hari pertama Sospem, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Al Makin dibersamai Wakil Rektor 3, bidang Kemahasiswaan dan Kerja-sama, Dr. Abdur Rozaki berkesempatan keliling fakultas untuk menjalin keakraban dengan seluruh mahasiswa baru, agar Mahasiswa mengenal lebih dekat seluruh pimpinan di kampusnya. Sementara Wakil Rektor 1, bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. H. Iswandi Syahputra, dan Wakil Rektor 2 bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Prof. Sahiron, M.A., juga melakukan hal yang sama secara berpencar.

Kepada para Mahasiswa baru Rektor dan para Wakil Rektor banyak memberikan pertanyaan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, para tokoh cendekiawan yang kompeten di bidangnya, para peraih Nobel, hasil hasil penemuan baru ilmu pengetahuan dan teknologi dari masa-ke masa, yang bidangnya disesuaikan dengan Prodi yang dikunjungi. Tidak lupa Pak Rektor selalu memberikan hadiah buku karya nya dan karya para guru Besar kepada Mahasiswa baru yang berhasil menjawab pertanyaan dari Rektor. Di hadapan para Mahasiswa baru Prof Al Makin menyampaikan, tidak mudah untuk diterima menjadi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga.

“Kalian semua adalah orang-orang terpilih. Satu Mahasiswa baru harus dapat menyisihkan setidaknya 500 orang pendaftar untuk bisa menjadi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga,” ungkap Rektor. Oleh karena itu Prof. Al Makin berpesan agar semua Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga, gigih belajar, giat melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, menjalin relasi yang sebanyak banyaknya, memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk berprestasi, sehingga setelah lulus nanti dapat meraih kesuksesan, dapat membanggakan orang tua. Moment dimana Rektor bermaksud menumbuhkan motivasi untuk gigih belajar dan mengembangkan ilmu pengetahuan ini disambut antusias oleh mahasiswa baru. Terlihat suasana yang akrab dan penuh keceriaan antara Mahasiswa Baru dan pimpinan UIN Sunan Kalijaga.

Sementara itu selama 3 hari pelaksanaan Sospem, Mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga mendapatkan materi dari para Dosen. Antara lain tentang: Core Values UIN Sunan Kalijaga, Keanekaragaman Indonesia, Kurikulum (KKNI, SNPT, OBE, MBKM) dan pembelajaran di kampus UIN Sunan Kalijaga, rencana dan bentuk pembelajaran berbasis Kurikulum MBKM, tentang kecerdasan emosi dan kecerdasan sosial, bagaimana memotivasi dan menata diri, etika pergaulan antara sivitas akademika dan etika bersosial media, role play bagaimana mendengar dan memahami orang lain. Dan juga materi tentang internalisasi nilai-nilai kebangsaan, seperti; Religius, jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja-Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, dan tanggungjawab. (Weni/Alfan)