Menumbuhkan Wawasan Global Mahasiswa Melalui Program Kalijaga International Student Mobility Award (KISMA)

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di bawah koordinasi Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dan Internasional Office (IO) dan menyelenggarakan kegiatan Kalijaga Internatonal Student Mobility Award (KISMA) Tahun 2022. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 12- 18 September 2022 ini diikuti oleh 80 mahasiswa terpilih dari berbagai fakultas di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pada saat menjelang keberangkatan, Dr. Abdur Rozaki, M.Si. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga berpesan kepada para peserta KISMA untuk memanfaatkan kegiatan ini sebagai arena mengenali budaya akademik di kampus kancah mancanegara.” Dengan kegiatan ini semoga mampu meningkatkan kapasitas akademik dan non akademik yang berwawasan internasional. Selain itu, dapat meningkatkan jejaring akademik yang nantinya sangat bermanfaat untuk studi lanjut, baik untuk jenjang S2 dan S3”, tambah Rozaki.

Rozaki menjelaskan bahwa Kalijaga Internatonal Student Mobility Award (KISMA) adalah program unggulan bidang kemahasiswaan dan Kerjasama dalam rangkan menambah wawasan global, meningkatkan kapasitas dan pengalaman internasional, serta berjejaring Internasional bagi para mahasiswa.Program KISMA UIN Sunan kalijaga Yogyakarta menjadi program satu-satunya di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang secara intensif membekali para mahasiswanya memiliki wawasan global. Hal ini dalam rangka mewujudkan UIN Sunan Kalijaga untuk Bangsa dan UIN Sunan Kalijaga Mendunia.

Program KISMA tahun 2022 telah mengunjungi berbagai perguruan tinggi dan Lembaga di tiga negara yaitu, Malaysia, Singapura dan Thailand. Di Perguruan Tinggi dan Lembaga tersebut peserta KISMA berkesempatan mempresentasikan makalahnya bersama beberapa mahasiswa luar negeri.

Negara Singapura adalah kunjungan pertama. Di Singapura peserta KISMA mengunjungi Institute of Southeast Asian Studies (ISEAS) dan Sekolah Indonesia Singapura (SIS). Selanjutnya bertempat di Institute of Southeast Asian Studies (ISEAS) peserta KISMA berkesempatan mempresentasikan dan sharing pengetahuan dengan para peneliti ISEAS. Dr. Nurhasril Saat, (Coordinator, regional Social and Culture Studies Program ISEAS), dan Dr. Siwage Dharma Negara, (Co-Coordinator, Indonesia Studies) dalam sambutannya menyambut baik kegiatan KISMA ini, tidak hanya menambah wawasan global bagi para mahasiswa, akan tetapi juga menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya studi-studi Asia Tenggara dalam berbagai perspektif. Sedangkan di SIS para mahasiswa berkesempatan melakukan observasi, diskusi, dan sharing tentang pembelajaran dan peran Sekolah Indonesia Singapura. SIS adalah bagian dari Sekolah Indonesia di Luar Negeri dalam upaya pemenuhan hak memperoleh Pendidikan yang berkualitas di Luar negeri selain itu juga menjadi jembatan pemersatu bangsa di luar negeri.

Negara Malaysia adalah kunjungan ke dua kegiatan Kalijaga Internatonal Student Mobility Award (KISMA). Di Malaysia peserta KISMA berkesempatan mengunjungi dan mempresentasikan makalah di Institut Sosial Malaysia (ISM). ISM adalah lembaga di bawah Kementerian Perempuan, Keluarga dan Pengembangan Masyarakat (Ministry of Women, Family and Community Development).

Negara terkahir yang dikunjungi peserta Kalijaga Internatonal Student Mobility Award (KISMA) adalah Thailand. Di Thailand peserta KISMA berkesempatan sharing dan presentasi di Faculty of Science, Prince of Songkla University (PSU). (Doni-humas)