UIN Sunan Kalijaga Menerima Kunjungan Kerja Bupati Gunungkidul dan Penandatanganan Kerja Sama

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil Al Makin, M.A., menerima kunjungan kerja Bupati Gunung Kidul, H. Sunaryanta, beserta jajarannya dalam rangka untuk meningkatkan silaturahmi dan penandatanganan MoU antara UIN Sunan Kalijaga dengan Pemkab Gunungkidul, Senin, (20/2). Selain itu, terdapat agenda penandatanganan Perjanjian Kerja Sama terkait MBKM antara Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

Pertemuan yang dilakukan di Ruang Rapat Lantai 2, Gedung Prof. K.H. Saifuddin Zuhri UIN Sunan Kalijaga ini dihadiri oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga beserta Wakil Rektor 1, bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Iswandi Syahputra, S.Ag., M.Si., Wakil Rektor 2, bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Prof. Dr. Phil. Sahiron, M.A. Wakil Rektor 3, bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Abdur Rozaki, S.Ag.,M.Si., Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja sama, Dr. H. Mamat Rahmatullah, M.M, Dekan dan Wakil Dekan Bidang 3, LPPM, dan Bagian Kerja sama.

Hadir dalam agenda kunjungan kali ini, Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta, Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul, Sri Suhartanta, SIP. M.Si. Asisten Administrasi Umum, Drs. Sigit Purwanto, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Mohamad Arif Aldian, SIP. M.Si., Kepala Dinas Kominfo, Drs. Wahyu Nugroho, M.Si., Sekretaris DPMP2KB. Muhammad Farhan, S.Sos. M.AP., Kepala Bagian Pemerintahan, Drs. Witanto, Bappeda Pemkab Gunungkidul,. Bagian Perekonomian dan SDA, Bagian Kesejahteraan Rakyat, serta Bagian Hukum dan HAM.

Pada sambutannya, Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. Phil Al Makin, M.A., menyampaikan penerimaan yang hangat atas kunjungan Bupati Gunungkidul yang kedua kalinya ini. Prof. Al Makin berharap, kerja sama yang ada dapat membantu Gunungkidul untuk lebih maju.

Rektor menjelaskan juga beberapa keunggulan yang dimiliki oleh UIN Sunan Kalijaga, satu diantaranya adalah Halal Center dan Pusat Pemeriksaan Halal yang beberapa bulan kebelakang mendapatkan sertifikat sebagai salah satu Lembaga Pemeriksa Halal yang diberikan izin untuk beroperasi di Indonesia. Dan kedepan terkait dengan Lembaga Pemeriksaan Halal ini bisa dikerjasamakan dengan Pemerintahan kabupaten Gunungkidul untuk membantu perkembangan UMKM yang ada di wilayah Pemkab Gunungkidul.

“UIN Sunan Kalijaga siap mendukung, men-support Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk memaksimalkan potensi luar biasa yang ada, dan dengan demikian kita bisa bersama sama memajukan Gunungkidul.” tutur Prof. Al Makin.

Bupati Gunungkidul, H. Sunaryanta menyampaikan bahwa Wilayah Gunungkidul memiliki 7 cabang pembangunan strategis dan sumber daya yang sangat potensial. Indeks pertumbuhan ekonomi di Gunungkidul juga meningkat. Pihaknya juga menyampaikan bahwa Pemkab Gunungkidulmempersilahkan dan membuka bagi Perguruan Tinggi untuk melakukan perubahan perubahan bagi masyarakat di Gunung Kidul. "Kami membutuhkan lebih banyak lagi bantuan Perguruan Tinggi untuk membuka akses pasar bagi masyarakat yang ada di Gunungkidul", tuturnya. Ada banyak bagian yangmembutuhkan keseriusan penanganan dan berharap sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga mampu membantu melakukan pendekatan dan memberikan kontribusi melalui program-program pengembangan akademik Tri dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, pengajaran dan pengabdian masyarakat.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU yang dilaksanakan oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil Al Makin, S.Ag., M.A., didampingi Wakil Rektor. Dari pihak Pemerintah Kabupaten Gunungkidul ditandatangani oleh Bupati Gunungkidul, H. Sunaryanta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul. Dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja sama antara Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga oleh Dekan FITK, Prof. Dr. Sri Sumarni, M.Pd., didampingi Wakil Dekan 3, FITK, Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd., dengan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul oleh Bupati Gunungkidul, H. Sunaryanta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul.

Agenda selanjutnya yakni Dialog yang dipandu langsung oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga. Dekan, Wakil Dekan, dan peserta agenda dipersilakan memberikan tanggapan dan respon atas permasalahan yang terjadi di Gunungkidul. Salah satunya adalah Sekretaris LPPM UIN Sunan Kalijaga, Dr. Adib Sofia, SS., M.Hum., yang memaparkan hasil riset LPPM, berfokus pada pembangunan kelurahan-kelurahan melalui KKN. Salah satunya adalah mengenai temuan mata air di daerah Ngloro, Saptosari, Gunungkidul pada kelompok KKN 108 yang berpotensi merespon masalah kekeringan di Gunungkidul. Selain itu LPPM juga memiliki program mitra binaan bernama Sekolah Pasar dan pernah memenangkan perlombaan Sekolah Pasar tingkat nasional. Pada Program Sekolah Pasar akan diselenggarakan Pelatihan Pengelola dan Pedagang Pasar secara bertahap disesuaikan dengan kebutuhan, dan hal tersebut bisa dihadirkan di Gunungkidul.

LPPM sangat mengapresiasi keterbukaan Pemkab Gunungkidul yang telah membukakan akses bagi Perguruan Tinggi untuk melakukan penelitian dan pengabdian di wilayah gunung Kidul.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul, Sri Suhartanta, SIP. M.Si., menyampaikan bahwa pihaknya sangat tertarik dengan apa yang disampaikan Rektor Al Makin terkait Lembaga Pemeriksa Halal yang ada di UIN Sunan Kalijaga ini. "Kami sangat berharap UIN Sunan Kalijaga melalui Lembaga Halalnya ini dapat membantu perkembangan UMKM yang ada di Gunung Kidul dalam mendapatkan sertifikat halal ini." Tidak lupa, Sekda juga menyampaikan apresiasinya atas hasil riset yang telah dilakukan UIN Sunan Kalijaga dan berharap dapat bersama-sama difollow up untuk menghasilkan data ilmiah yang dapat dijadikan dasar dalam mengambil kebijakan sebagaimana prinsip evidence based policy yang dipegang oleh Bupati Gunungkidul. Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata dan ramah tamah antar UIN Sunan Kalijaga dengan Pemkab Gunung Kidul. (Ihza/Dimas)