Selamat! Hasil Jalur SNBP UIN Sunan Kalijaga Diumumkan Hari Ini

Hari ini adalah hari yang dinanti-nantikan bagi para pejuang SNBP. Hasil jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) diumumkan serentak hari Selasa (28/3/2023), tepatnya pukul 15.00 WIB pada laman utama https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Peserta dapat mengecek kelulusannya dengan cara memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir sesuai dengan data diri yang telah teregistrasi pada sistem SNPMB 2023.

Diketahui, pada Konferensi Pers Pengumuman SNBP 2023 secara daring, Senin (27/3/2023), Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Tim Pelaksana SNPMB Prof. Mochamad Ashari mengatakan bahwa calon mahasiswa atau peserta yang diterima pada jalur SNBP 2023 ini ada sebanyak 143.805 siswa dari 663.181 pendaftar. Rinciannya, 128.405 siswa diterima pada pilihan pertama dan sebanyak 15.760 siswa diterima di pilihan kedua. Calon mahasiswa tersebut tersebar di 137 Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Yakni terdiri dari 76 PTN akademik, 18 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), dan 43 PTN Vokasi.

Sementara itu, berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Nomor 61.1 Tahun 2023 Tanggal 28 Maret 2023 tentang Penetapan Peserta Seleksi Calon Mahasiswa Baru yang diterima pada SNBP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Akademik 2023/2024 sebanyak 358 orang. Dengan rincian yang diterima pilihan pertama sebanyak 350 orang dan diterima pilihan kedua sebanyak 8 orang.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. Dr. H. Iswandi Syahputra, S.Ag., M.Si. menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yang dinyatakan lulus melalui SNBP tahun 2023.

“Kami ucapkan selamat kepada seluruh calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNBP. Kalian adalah orang-orang terpilih melalui jalur prestasi nasional. Bagi yang belum lulus, tetap semangat, masih ada jalur UTBK-SNBT dengan kuota yang lebih besar,” ujar Prof. Iswandi.

Baca Juga : Jalur SNBT Dibuka! 901 Kursi di UIN Sunan Kalijaga Diperebutkan

Adapun tahapan registrasi sesuai dengan Pengumuman nomor 1372/Un.02/PP.00.4/03/2023 tentang Prosedur Verifikasi bagi Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang Diterima melalui Jalur SNBP Tahun Akademik 2023/2024, sebagai berikut :

1. Peserta yang diterima wajib melakukan pengisian Data Profil secara online melalui laman : http://dataprofil.uin-suka.ac.id/ pada tanggal 30 Maret - 5 April 2023, login menggunakan nomor pendaftaran SNBP sebagai username dan tanggal lahir (dengan format: ddmmyyyy) sebagai password menyiapkan file scan dokumen asli yang meliputi:

  • Slip Gaji kedua orang tua/wali bagi pegawai swasta maupun negeri, (Apabila kedua orang tua bekerja, maka peserta harus mempersiapkan slip gaji/surat keterangan penghasilan untuk keduanya Bapak dan Ibu), Jika tidak memiliki slip gaji harus melampirkan Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW yang disahkan oleh Kepala Desa/Lurah;
  • Kartu Keluarga;
  • Rekening listrik bulan terakhir (slip pembelian token) atau surat pernyataan tidak berlangganan listrik;
  • Pajak Bumi dan Bangunan tahun terakhir atau surat keterangan tidak memiliki tanah atau rumah dari kepala desa/lurah;
  • Jika memiliki keterbatasan ekonomi dapat melampirkan : Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK), dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

2. Pengumuman hasil verifikasi dan pengelompokkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan diinformasikan melalui laman : https://admisi.uin-suka.ac.id/ dan https://uin-suka.ac.id/ kolom Pengumuman pada tanggal 18 April 2023.

3. Apabila tidak mengisi Data Profil, melakukan kecurangan dalam pengisian formulir dan/atau memalsukan data dukung UKT, maka calon mahasiswa yang bersangkutan ditetapkan sebagai mahasiswa kelompok VII (tujuh) UKT.

4. Apabila terjadi kendala dalam proses Pengisian Data Profil dapat menghubungi Kantor Admisi UIN Sunan Kalijaga melalui email admisi@uin-suka.ac.id atau nomor WhatsApp 08172302020 selama hari dan jam kerja.

5. Tidak ada dispensasi dalam bentuk apa pun.

Prof. Iswandi juga menegaskan bahwa peserta SNBP yang lulus harus menyelesaikan tahapan registrasi, pasalnya siswa yang sudah dinyatakan lolos SNBP 2023 tidak diperbolehkan mendaftar jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer- Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) tahun 2023, 2024, dan 2025.

"Jangan sampai tidak daftar ulang karena akan menyulitkan kalian dan institusi. Sudah diterima tapi tidak registrasi, maka otomatis tidak bisa ikut di jalur berikutnya (SNBT). Tinggal selangkah lagi kalian akan menjadi Kalijaga Muda UIN Sunan Kalijaga. Jadi, silakan dicermati dan melakukan tahapan registrasi dengan baik," papar Iswandi. (Nurul)

Baca Juga : PMB UIN Sunan Kalijaga Program Magister dan Doktor Sudah Dibuka, Cek Syaratnya!