LPTK FITK UIN Sunan Kalijaga Raih Dua Penghargaan Tingkat Nasional

LPTK FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta meraih dua penghargaan bergengsi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI pada hari Selasa, (31/5). Penghargaan pertama diberikan sebagai "LPTK Penyelenggara PPG Paling Inovatif", yang diserahkan oleh Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag., Direktur Pendidikan Tinggi Islam. Sementara itu, penghargaan kedua yang diterima adalah "LPTK Penyelenggara PPG Terbaik Pertama yang Memperoleh Kelulusan Tertinggi sepanjang Tahun 2022" dari Dr. Muhammad Zain, M.Ag., Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

Dalam upacara penerimaan penghargaan, Prof. Dr. Sri Sumarni, M.Pd., Dekan FITK UIN Sunan Kalijaga, menerima penghargaan tersebut dengan bangga. Dekan mengungkapkan bahwa kesuksesan ini tak lepas dari dukungan penuh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil Al Makin, M.A., serta dedikasi dari Kaprodi PPG Dr. H. Suwadi, M.Ag., M.Pd., Sekprodi Dr. Endang Sulistyowati, M.Pd.I., para dosen, guru pamong, fasilitator, dan tenaga kependidikan lainnya. Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang turut berperan dalam pencapaian ini. Rektor berharap prestasi ini dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan demi kemajuan para guru sebagai pahlawan peradaban.

Selama tahun 2022, LPTK FITK UIN Sunan Kalijaga telah berhasil meluluskan 956 peserta PPG guru Madrasah dari total 985 peserta (97%). Peserta PPG ini berasal dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari RA, MI, MTs, hingga MA, baik dari sekolah negeri maupun swasta yang berada di bawah pembinaan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama.

Prestasi LPTK FITK UIN Sunan Kalijaga sebagai LPTK Paling Inovatif ditunjang oleh berbagai inovasi yang telah dilakukan. Mahasiswa PPG diberikan keterampilan dalam pengambilan video, pengeditan video, dan mengunggahnya di YouTube. Mereka juga dilatih untuk mengidentifikasi masalah, menemukan penyebabnya, dan mencari solusi terbaik dalam proses pembelajaran. LPTK ini juga turun langsung ke lokasi bencana untuk membantu peserta PPG yang terkena dampak Gempa Bumi Cianjur, memberikan solusi terhadap masalah yang timbul, bahkan memberikan bantuan dalam proses trauma healing kepada siswa di berbagai sekolah

Prestasi ini memberikan pijakan sebagai motivasi yang kuat bagi LPTK FITK UIN Sunan Kalijaga untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memperjuangkan kemajuan para guru sebagai pahlawan peradaban. (FITK/Ihza)