Dharma Wanita Persatuan ( DWP) UIN Sunan Kalijaga Gelar Harlah ke 24

Dharma Wanita Persatuan UIN Sunan Kalijaga merayakan puncak perayaan HUT DWP ke 24, 20/12/2023. Perayaan yang di selenggarakan di gedung PAU lantai satu dihadiri oleh pengurus DWP UIN periode 2019 – 2023 dan juga utusan dari pengurus Dharma Wanita fakultas. Acara juga dimaksudkan sebagai perayaan hari Ibu yang ke 95, yang jatuh pada 22 Desember 2023.

Hari Ulang tahun DWP dirayakan setiap tanggal 7 Desember dan pada tahun ini mengusung tema “Peran Strategis Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan.” DWP UIN Sunan Kalijaga merayakan HUT tahun ini dengan rangkaian kegiatan yang dilakukan sejak tanggal 12 Desember, 2023. Rangkaian ini diawali dengan penyelenggaraan Temu Muka Elemen Perempuan DIY bertema “Merayakan Perempuan Istimewa” yang merupakan kerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan anak DI Yogyakarta. Acara ini dihadiri kurang lebih 200 peserta dari berbagai elemen Perempuan DIY: Perempuan kepala Desa, PKK , Dharma Wanita, BKOW, Politikus dan Akademisi Perempuan, serta pimpinan dan pengurus dari berbaga organisasi Perempuan dan organisasi sosial. Kegiatan ini juga diharapkan sebagai pemantapan komitmen Perempuan DIY untuk bisa diselenggarakannya Konggres Perempuan Indonesia di tahun 2024.

Acara selanjutnya adalah seminar tentang Kesehatan Mental yang diselenggarakan pada tanggal 13 Desember, 2023. Bertempat di teaterikal Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga, narasumber utama dalam seminar ini adalah dr. Widea Rossi Desvita, Sp.Kj Dalam paparannya dr. Widea menekankan pentingnya perempuan, sebagai individu dan juga istri dan ibu, untuk bisa memahami dan memiliki kesadaran tentang kesehatan mental. Pengetahuan Perempuan akan menjadi salah satu syarat bagi terbanggunnya Kesehatan mental dalam keluarga dan juga masyarakat. Lebih jauh narasumber menyampaikan langkah dan trik sederhana yang bisa dilakukan Perempuan dan siapa saja sebagai dalam upaya menjaga Kesehatan mental serta membangun mekanimse koping dan resiliensi dalam kondisi penuh tekanan atau stres.

Puncak acara peringatan HUT DWP dilakukan dengan upacara yang dilakukan pada tanggal 20 Desember, 2023. Dalam sambutannya, Ketua DWP UIN Sunan Kalijaga, Ro’fah Makin, menyampaikan bahwa tema HUT DWP tahun perlu dijadikan reminder bagi anggota DWP pentingnya peran perempuan dalam mensukesan tercapainya tujuan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG/ Sustainable Development Goal) , khususnya tiga pilar utama pembangunan yakni Ekonomi, Social dan Lingkungan / Ekologi. Dalam sambutannya ketua DWP secara spesifik mengajak segenap pengurus DWP UIN Sunan Kalijaga untuk melakukan langkah langkah konkrit menjaga lingkungan ekologis misalnya dengan mengelola sampah, baik di rumah tangga dan lingkungan masing masing, maupun di lingkungan kampus UIN Sunan Kalijaga. Aspek lain yang ditekankan oleh ketua DWP adalah isu kesetaraan gender yang secara ekplisit menjadi salah satu dari 17 tujuan SDG. Anggota dan pengurus DWP diharapkan bisa ikut memahami dan memberikan kontribusi solusi bagi berbagai masalah sosial seperti KDRT, kekerasan seksual pada perempuan, dan perkawinan anak yang prevalensinya cukup tinggi di Indonesia.

Rangkaian peringatan di tutup dengan workshop Public Speaking bagi pengurus DWP UIN Sunan Kalijaga. Posisi leadership yang dimiliki mayoritas pengurus dan anggota DWP baik di kampus maupun masyarakat menuntur mereka untuk mampu berbicara di depan publik. Untuk itu workshop ini dianggap penting untuk di selenggarakan; ini dibuktikan dengan antusiasme peserta mengikuti workshop.

Selamat HUT Dharma Wanita Persatuan ke 24, semoga HUT menjadi ruang refleksi dan penguatan komitmen Perempuan Indonesia untuk terus berpartisipasi dalam pembangunan dan menawarkan solusi bagi problem bangsa dan kemanusiaan. (Tim Hunmas)