Jajaran Pegawai UIN Sunan Kalijaga Ikuti Apel Hari Amal Bhakti kementerian Agama

Jajaran pegawai UIN Sunan Kalijaga yang terdiri dari para Dosen, Tendik, pejabat Rektorat, Dekanat, kepala lembaga, pusat studi dan unit mengikuti apel dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAP) Kementerian Agama yang ke 78. Apel HAB Kementerian Agama di kampus UIN Sunan Kalijaga kali ini dipimpin Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. H. Al Makin.

Prof. Al Makin dalam sambutannya membacakan amanat Menteri Agama RI. Yaqut Qolil Qoumas anatara lain menyampaiakan, Setiap memasuki tahun baru, Kementerian Agama juga memperingati Hari amal Bhakti Kementerian Agama (3/1). Oleh karenanya setiap pergantian tahun ASN Kementerian Agama harus memiliki spirit ganda dalam bentuk amal bakti yang semakin mendalam dan paripurna. Hari Amal Bakti mengandung harapan dan tekat untuk mencurahkan pengabdian kepada umat beragama, serta meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan mewujudkan cita dibentuknya Kementerian Agama.

Diantara tugas berat Kemenag adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional. Tugas berat ini dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama. Selain itu, Kemenag juga memiliki
tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama. Bekal pendidikan agama yang moderat adalah fondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan. Melalui berbagai program reguler dan Tujuh Program Prioritas Kementerian Agama, jajaran ASN Kemenag terus bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan. Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Kemandirian
Pesantren, Cyber Islamic University, Religiousity Index. Tahun Kerukunan Umat Beragama adalah ikhtiar dalam memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat. Hasilnya sudah mulai terlihat. Moderasi Beragama sudah menjadi napas dalam setiap derap langkah insan
beragama. Transformasi Digital terlaksana di seluruh satuan kerja Kementerian Agama dan lembaga-pendidikan keagamaan. KUA sudah bertransformasi menjadi semakin baik dalam memberikan layanan. Pesantren-pesantren mulai menapaki fase kemandirian dalam amal usaha dan ekonomi. Cyber University sudah on the track. Kerukunan umat beragama pun semakin meningkat.

Namun masih banyak yang harus dibenahi dalam rangka perbaikan program mendatang. ASN Kementerian Agama tidak boleh berpuas diri dengan berbagai hasil yang dicapai. ASN Kemenag harus selalu mengevaluasi diri karena tugasnya yang belum usai. Momentum pergantian tahun dan peringatan HAB ke- 78 Kementerian Agama ini adalah saat yang tepat untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik. Menteri Agama mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kepada seluruh umat beragama. Indonesia Hebat Bersama Umat adalah tema yang diusung pada HAB ke-78 ini. Tema ini bermakna Kementerian Agama akan senantiasa membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat. Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama. Dengan mewujudkan birokrasi yang melayani. menjadikan pelayanan umat sebagai “panggilan hati”, bukan semata kewajiban birokrasi. Jika pelayanan umat ini dilandasi sebagai panggilan hati, akan terwujud birokrasi yang inklusif, transparan, dan berdampak. Kementerian Agama akan betul-betul bersama umat, yang berujung pada Indonesia Hebat. Menyampaikan pesan Menteri Agama, Rektor mengajak semua Civitas Akademika menjaga netralitas di tahun politik ini. Sesuai dengan ketentuan perundangan. Mencipgtakan suasana kondusif di tengah masyarakat.Mengkampanyekan untuk tidak menggunakan politik identitas karena madharat-nya sangat besar dan dapat berujung pada disintegrasi bangsa, demikian tegas Prof. Al Makin.

Sebelumya (2/1) malam, UIN Sunan Kalijaga juga melaksanakan doa bersama dan tahlilan dalam rangka HAB Kemenang ke 78, sebagai wujud rasa syukur, dan memohon kebaikan dan kemaslahatan bangsa, negara dan Kementerian agama. (tim humas)