Prodi PBA S1 FITK UIN Sunan Kalijaga Mengadakan Kuliah Dosen Tamu dari USIM Malaysia

Prodi PBA FITK UIN Sunan Kalijaga mengadakan kuliah dosen tamu yang mana pembicaranya dari Universiti Sains Islam Malaysia (USIM). Dosen Malaysia yang menjadi pemateri dalam acara ini ialah Ass. Professor Dr. Nurkhamimi Zainuddin, Dosen dari Faculty of Major Language Studies, Universiti Sains Islam Malaysia (USIM). Topik Kuliah Dosen Tamu dari USIM Malaysia ini bertajuk:

"الوسائل الرقمية الحديثة ودورها في تعليم اللغة العربية وتعلمها"

Pada kesempatan ini, yang menjadi keynote Speaker pada Kuliah Dosen Tamu ini ialah Prof. Dr. Sri Sumarni, M.Pd. (Dean of Faculty of Tarbiya' Sciences and Teaching Training). Kemudian Bapak turut hadir juga Wakil Dekan I Prof. Dr. Abdul Munip, M.Ag., dan ketua Prodi PBA S1 Dr. Nurhadi, M.A. turut memberi sambutan kedua dalam kegiatan ini. Segenap tamu undangan yakni para dosen PBA dan mahasiswa angkatan 2021. Acara ini berjalan dengan lancer yang dipandu oleh Ibu Mahmudah, Lc., M.Si. Kegiatan ini juga berlangsung dengan lancar dan sukses yang dilaksanakan pada hari Jum'at, Pukul 13:30-15:30 WIB, 1 Maret 2024 yang bertempat di Ruang Pertemuan FITK, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Prof. Nurkhamimi menyampaikan bahwa metode pembelajaran bahasa Arab saat ini perlu sekali dengan perubahan, tidak bersifat konservatif dan membosankan. Seorang Dosen bahasa Arab perlu menyampaikan materi bahasa Arab, baik ilmu Nahwu, Sharaf, Tarjamah dan lain-lain itu harus sambil mengambil hati para peserta didik, sambil membuat mereka dengan game yang fun dan beragam. Tujuan daripada metode ini ialah agar minat belajar mahasiswa dapat terus ditingkatkan sehingga capaian pembelajaran yang baik bagi mahasiswa dapat terwujud dan mahasiswa bisa lebih enjoy dalam belajar. (Tim Humas)