HARAPAN UNGGUL UNTUK PRODI MAGISTER SEJARAH PERADABAN ISLAM FAKULAS ADAB DAN ILMU BUDAYA

Assesmen Lapangan Akreditasi Program Studi Magister Peradaban Islam Fakulas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga di buka oleh Rektor beserta Pejabat di lingkungan UIN Sunan Kalijaga, 21 Maret 2024.

Dalam pembukaan asssesmen lapangan Prodi Magister Studi Peradaban Islam di hadiri oleh smua pejabat di lingkungan UIN Sunan Kalijaga dr Rektor, para Wakil Rektor, para Dekan, Ketua Lembaga dan semua civitas dan alumni yang ada di Fakultas Adab dan Ilmu Budaya.

Berkah Ramdhan kali ini yang diperoleh oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah Jurnal Ilmu Alqur’an dan Hadits terindeks scopus. Ini kali ke empat jurnal yang ada di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terindeks scopus, menyusul tiga jurnal yang sudah mendahului, yaitu Jurnal Al Jami’ah, Jurnal Pendidikan Islam miliknya Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurnal Prodi Hukum Keluarga Islam ada di Fakultas Syari’ah dan Hukum hal ini disampaikan dan mengawali sambutan pembukaan assesmen lapangan pada Prodi Magister Sejarah Islam di fakultas Adab dan Budaya.

Selamat datang juga di sampaikan kepada dua assesor yang sudah hadir di UIN Sunan Kalijaga untuk melaksanakan tugas negara yaitu Dr Ahmad Nur Fuad dari UIN Sunan Ampel dan Dr Setia Gumilar dari UIN Sunan Gunung Jati. Biasanya assesor yang sudah ke UIN Sunan Kalijaga akan terus terkoneksi dengan kami yang ada di jogja itulah istimewanya kita, imbuhnya

Dilihat dari sejarahnya bahwa Program Studi Magister (S2) Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) Fakultas Adab dan Ilmu Budaya mulai dibuka pada tahun 2016, berdasarkan SK Dirjen Pendis Kemenag RI No.3543 Tahun 2016 dan SK Rektor UIN Sunan Kalijaga No. 145.3 tahun 2016. Secara historis dan kelembagaan, Prodi Magister SKI sudah ada sejak tahun ajaran 2009/2010 yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, di bawah Prodi Agama dan Filsafat.

Prodi Magister Studi Peradaban Islam UIN Sunan Kalijaga baru mulai beroperasi di Fakultas Adab dan Ilmu Budaya pada tahun ajaran 2016/2017 yang sebelumnya ada di Pascasarjana. Mengingat Fakultas Adab sudah mempunya S1 Program Studi Sejarah Kebudayaan Islam untuk itu sudah linier bila di tempatkan di fakultas ini dan juga sudah terakreditasi BAN-PT pada tahun 2018 dengan nilai B. Bila akan berselancar sejarah islam silahkan bergabung di prodi ini hal ini disampaikan oleh Prof. Dr Wildan, MA Dekan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya.

Sedangkan asessor Dr Ahmad Nur Fuad dari UIN Sunan Ampel menyampaikan terimakasih atas sambutannya yang komplit karena semua pejabat yang ada di UIN Sunan Kalijaga hadir. Apa yang disampaikan oleh pak rektor bahwa baru kali ini assesmen lapangan yang di hadiri smua pejabat UIN Sunan Kalijaga hal ini menunjukkan komitmen pimpinan dan stakeholder untuk meningkatkan mutu dan mengembangkan perguruan tinggi ini yang terlihat dari suport yang sangat luar biasa katanya. Dan juga disampaikan bahwa dari namanya saja Fakultas Adab dan Ilmu Budaya sudah berbeda dengan PTKIN yang lain ini merupakan distingsi UIN Sunan Kalijaga.

Dari borangnya yang sudah dikirimkan ke assesor juga sudah menunjukkan harapan dari prodi ini karena banyak hal yang sudah mengarah peningkatan mutu dan terlihat PPE, pengendalian sistem, pelaksanaan dan evaluasi sudah tergambar di LED, apa yang sudah di rencanakan dan disusun. Sedangkan untuk hasil yang sudah kami ferifikasi akan kami sampaikan ke BAN PT dan yang menentukan peringkat adalah badan Eksekutif BANPT, menutup sambutan sebagai assesor.

Assesmen Lapangan kali ini juga di hadiri oleh staf Subdit Akademik Kementerian Agama Republik Indonesia. (Humas)