UIN Sunan Kalijaga Kembali Meraih Penghargaan Arsiparis Teladan dari Kompetisi yang Diwakili Nurul Fatwa Wati

UIN Sunan Kalijaga kembali meraih penghargaan Arsiparis Teladan dari kompetisi yang diselenggarakan Kementerian Agama RI. Dari kompetisi ini UIN Sunan Kalijaga diwakili oleh Arsiparis Nurul Fatwa Wati. Nurul begitu panggilan akrabnuya berhasil dinobatkan sebagai Arsiparis Teladan pada kategori ketrampilan bersama enam pemenang lainnya, setelah melalui proses penilaian, beberapa tahapan. Penilaian terakhir adalah tahapan praktek pemberkasan berlangsung 21/6/2024). Usai tahapan praktek pemberkasan, Kementerian Agama mengumumkan 6 nama pemenang Pemilihan Arsiparis Teladan Kemenag Tahun 2024. Keenamnya adalah: Kategori Keahlian; Juara 1 : Hadi Saputra (UIN Sultan Syarif Kasim Riau), Juara 2 : Bambang Ari Satria (Kanwil Kemenag Provinsi Bangka Belitung), Juara 3 : Triana Ratnasari (IAIN Kudus). Kategori Keterampilan; Juara 1 : Nurul Fatwa Wati (UIN Sunan Kalijaga), Juara 2 : Muhammad Anton Sujarwo (Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo), Juara 3 : Sri Sumarahati (Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen). Hal ini diumumkan oleh Ketua Tim Penilai Arsiparis Teladan Kemenag, Muhammad Mahyudin.

Dikutip dari pemberitaan Humas Kementerian Agaman RI, Koordinator Kearsipan dan Tata Usaha Kemenag, Ahmad Maulana mengatakan proses penilaian dilakukan melalui tes tertulis, wawancara, presentasi, dan praktik pemberkasan. Hasil penilaian dan penetapan juara disahkan dalam sidang pleno Tim Penilai dan penyelenggara pada tanggal 20 Juni 2024.

"Penilaian dilakukan oleh Tim Penilai yang terdiri dari 9 orang. Tim Penilai telah melakukan penilaian secara objektif, jujur, adil, dan akuntabel, serta menetapkan nilai hasil dan juara Pemilihan Arsiparis Teladan Kementerian Agama tahun 2024," jelas Maulana.

Ketua Tim Penilai Arsiparis Teladan Kemenag, Muhammad Mahyudin menyebut, tujuan dari Pemilihan Arsiparis Teladan Kemenag ini adalah untuk memberikan apresiasi, meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan, dan memotivasi Jabatan Fungsional Arsiparis untuk terus mengembangkan kompetensi.

"Tim Penilai dan Tim Penyelenggara telah melakukan seleksi terhadap 29 peserta, yang terdiri dari 26 Arsiparis kategori Keahlian dan 3 Arsiparis kategori Keterampilan, hingga terpilih enam pemenang tersebut," ujar Mahyudin.

Turut hadir dalam pengumuman pemenang Arsiparis Teladan Kemenag tahun 2024, Ketua Tim SDM Kearsipan ANRI, Erni Budiyati, dan Kepala Bagian Perlengkapan, Pemeliharaan BMN dan Pelayanan Kesehatan Kemenag, Widhi Aryudhono. (Tim Humas)