Bidang Kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga Konsolidasi Layanan Mahasiswa dan Pengembangan Prestasi Mahasiswa

Bidang Kemahasiswaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga menyelenggarakan rapat kerja untuk mengkonsolidasikan layanan mahasiswa serta pengembangan prestasi mahasiswa. Dua hal tersebut merupakan dua aspek kinerja utama bidang kemahasiswaan untuk memberikan kepuasan kepada mahasiswa sekaligus meningkatkan reputasi institusi. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis-Minggu, 25-28 April 2024, di Bandung, Jawa Barat.

Rapat kerja ini dihadiri oleh Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si., Kepala Biro AAKK, Ir. Sunarini, M.Kom, para Wakil Dekan III delapan Fakultas di UIN Sunan Kalijaga, Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, International Office, serta dosen, tenaga pendidikan, dan mahasiswa dalam bidang lomba terkait.

Dalam kegiatan ini, dibahas perencanaan pengembangan prestasi mahasiswa yang meliputi tiga bidang, yaitu akademik, olahraga, dan seni. WR III menekankan pentingnya konsolidasi ini, mengingat prestasi UIN Sunan Kalijaga sudah positif untuk bidang akademik dan seni, namun masih perlu perhatian serius untuk bidang olahraga. Oleh karena itu, panitia kegiatan mengundang atlet sekaligus pelatih dari cabang lomba olahraga untuk berbagi pengalaman dalam membina dan melatih atlet.

"Dalam gelaran OASE dua kali, UIN Sunan Kalijaga unggul. Namun dalam event PESONA maupun PORSI, masih perlu ditingkatkan, terutama cabang lomba olahraga. Untuk itu, saya minta kita serius membina bidang olahraga ini agar pada event mendatang, olahraga dapat meningkat," tegas Dr. Abdur Rozaki.

Terkait layanan mahasiswa, Dr. Abdur Rozaki menyebut tentang peningkatan fasilitas mahasiswa, terutama di Gedung Student Center, melalui setting ulang ruangan menjadi Coworking Space sehingga mahasiswa dapat beraktivitas lebih nyaman dan leluasa. Gedung outdoor Greenhouse juga telah diperbaiki dan dapat dimanfaatkan mahasiswa sebagai ruang alternatif untuk berkegiatan. Bagian kemahasiswaan juga diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada mahasiswa.

"Kita di UIN Sunan Kalijaga, utamanya di Bidang Kemahasiswaan, tugasnya adalah melayani mahasiswa sebaik-baiknya. Maka dari itu, adalah wajib untuk meningkatkan layanan dan fasilitas untuk mahasiswa. Jangan sampai mahasiswa malah lebih nyaman di luar kampus," terang Dr. Abdur Rozaki.

Dalam rapat kerja tersebut, International Office (IO) melaporkan layanan mahasiswa asing di UIN Sunan Kalijaga, sekaligus memaparkan dinamika dalam program-program yang dikerjakannya. Para Wakil Dekan III dari delapan Fakultas juga ikut menanggapi dan berdiskusi tentang perihal yang dibahas. Selain itu, para mahasiswa yang terkait dengan tiga bidang lomba (akademik, olahraga, dan seni), SEMAU, dan DEMAU, juga turut serta dalam sesi-sesi pembahasan rapat kerja.

Setelah rapat kerja usai, para peserta diajak untuk lebih memperkuat teamwork dengan mengikuti outbond di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ir. H. Djuanda dengan tajuk "Kolaborasi untuk Prestasi". Beberapa permainanindividu dan team diikuti oleh para peserta dengan antusias dan diakhiri dengan kegiatan airsoftgun. (Ahmd)