Fakultas Saintek Selenggarakan Summer Course 2024 : Fokus pada Globalisasi Industri Halal untuk Mewujudkan SDGs

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam mendukung globalisasi industri halal dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Karenanya, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga dengan bangga menyelenggarakan Offline Opening Ceremony Summer Course 2024. Offline Opening Ceremony Summer Course 2024 berlangsung Rabu, 17/7/2024 yang bertempat di Ruang Teatrikal Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor beserta jajarannya, Dekan Fakuktas Sains dan Teknologi beserta jajarannya, serta Dosen, Staff, dan Mahasiswa.

Dalam laporannya mengawali sereminioal pembukaan, Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Dr.Hj.Arifah Khusnuryani,S.Si.,M.Si.Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga.Dr.Arifah menyampaikan, Summer Course merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan secara rutin dan tahun ini merupakan tahun ketiga kegiatan ini dilaksanakan. Kegiatan yang diikuti oleh 29 peserta dari berbagai negara seperti : Malaysia, Thailand, Yaman, serta Indonesia ini dilaksanakan secara hybrid dengan berbagai rangkaian kegiatan selama 14 hari dari 9 Juli hingga 23 Juli 2024.

Dengan mengusung tema "Globalization of the Halal Industry Towards SDGs," kegiatan ini menyajikan materi-materi menarik dengan menghadirkan 13 pembicara ahli dari dalam dan luar negeri, di antaranya James Chamber dari American Halal Foundation; Prof. Satomi Ohgata dari Kyushu International University, Jepang; Assoc. Dr. Nurrulhidayah Binti Ahmad Fadzillah dari INHART - International Islamic University Malaysia; Prof. Dr. Murniati Mukhlisin M.Acc CFP dari Institut Takzia Bogor; Riski Imaniastuti S.Si.,M.Eng., RnD Manager PT. Daewoong Pharmaceutical Company Indonesia; Ar , Ir Munichy B.Edrees , M.Arch , IAI , AA dari Ikatan Arsitek Indonesia, serta sejumlah Dosen UIN Sunan Kalijaga.

Dalam kegiatan Summer Course 2024 ini para peserta juga berkesempatan mengikuti kunjungan lapangan ke pabrik dan rumah produksi lokal yang sudah bersertifikat halal di Yogyakarta dan short-trip wisata ke Benteng Vredeburg. Mereka juga berkesempatan untuk praktik Uji Halal Material langsung yang diadakan oleh Elokarsa.

Upacara pembukaan offline Summer Course 2024 diawali dengan sambutan Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof.Dr.Phil.H. Al Makin, S.Ag., M.A. Dalam pidatonya, beliau sangat menyambut baik kedatangan para peserta. “Please enjoy, please happy, don’t worry”, ungkap Prof.Dr.Phil.H. Al Makin menutup Opening Ceremony Summer Course 2024 ini.

During the development of this event I believe that some of you maybe will learn a lot and also sharing the ideas with group mates and having some discussion and presentasion” ungkap Lela Susilawati, S.Pd., M.Si., PhD, selaku Ketua Pelaksana Summer Course 2024.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang pembelajaran bagi para peserta, tetapi juga menjadi kesempatan untuk memperluas jaringan dan berkolaborasi dengan akademisi dan profesional dari berbagai negara. Kegiatan ini diharapkan mampu menginspirasi dan menciptakan peluang baru bagi semua peserta, serta mempererat hubungan antarbangsa dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. (tim humas)