Doa untuk Pemimpin dan Persatuan Bangsa: Menteri Agama di HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara

Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, memimpin pembacaan doa pada Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu 17 Agustus 2024. Atas nama bangsa Indonesia dengen kerendahan hati melangitkan doa semoga kiranya Tuhan dengan kemurahanNya menjadikan bangsa Indonesia menyadari sepenuhnya nikmat kemerdekaan yang dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Kiranya Tuhan juga dapat memberikan kecerdasan kepada para pemimpin bangsa untuk memahami makna kemerdekaan yang hakiki, dijauhkan dari nafsu dan kedengkian, serta diberikan kekuatan untuk terus mengabdi kepada Tuhan dan menguasai diri sendiri.

Memohon dengan sangat agar Tuhan memberikan bimbingan kepara para pemimpin untuk menjunjung tinggi kejujuran, menegakkan keadilan, dan memprioritaskan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Pemimpin bangsa yang sarat akan kebijaksanaan dan keadilan, dan dapat memahani arti kemerdekaan yg sesungguhnya.

Perbedaan adalah sunatullah. Namun demikian semoga Tuhan menjadikan Indonesia terus bersatu, menjauhi kebencian dan perselisihan, serta diberi rahmat dan berkah untuk mewujudkan kemajuan, keadilan, dan kesejahteraan.

Semoga ampunan selalu diberikan kepada para pahlawan dan pendahulu yang telah memperjuangkan kemerdekaan dan membangun fondasi bagi kemajuan negara.

Bangsa Indonesia yang besar semoga selalu dalam limpahan kasihNya agar dapat terus bergerak menuju masa depan yang lebih baik, tanpa rintangan.

Gusmen menjadikan Upacara sebagai momen refleksi dan harapan bagi bangsa untuk terus maju dan bersatu dalam menghadapi tantangan masa depan.

Doa yang dipanjatkan menumbuhkan harapan baru karena menjadi harapan bagi masyarakat Indonesia bersatu dalam perbedaan dan dianugerahi pemimpin yang mengutamakan keadilan dan kesejahteraan, dan mementingkana kepentingan bersama di atas kepentingan sendiri dan golongan. (Tim Humas)

Vidio dapat di akses melalui link berikut:

https://www.instagram.com/reel/C-1cpYlPRRz/?igsh=MXhrcWl2YjZrb2s2MA==

https://www.facebook.com/share/v/6ZshLWyvySgV2Cda/?mibextid=oFDknk