UNIVERSITI SAINS ISLAM MALAYSIA (USIM) DAN FAKULTAS ADAB ADAKAN GISO (GLOBAL ISLAMIC STUDENTS OUTREACH) : CULTURAL EXCHANGE BUDAYAKU DAN BUDAYAMU

Dekan FADIB Prof Muhamamd Wildan, Ph.D. membuka acara Global Islamic Student Outreach di halaman Fakultas Adab dan Ilmu Budaya pada Rabu, 4 September 2024, kegiatan ini akan berlangsung satu hari penuh dikampus tersebut.

Selamat datang para Mahasisiwa USIM ke Fakultas Adab dan Ilmu Budaya dalam rangka Culture Exchange yang diikuti oleh 23 mahasiswa dan mahasiswi fakultas saintek di USIM Kegiatan ini disambut hangat oleh Dekan, para Wakil Dekan serta Kaprodi Ilmu Perpustakaan, dan para dosen serta mahasiswa di Fakultas Adab.

Kegiatn ini merupakan balasan atas kunjungan dari mahsiswa Prodi IPI ke USIM dalam kegiatan Study Exchange tahun lalu, Wildan menyampaikan bahwa kerja sama yang sudah terjalin selama ini akan ditingkatkan lagi baik dengan student exchange maupun seminar serta kegiatan lainnya,

Terima kasih atas Kerjasama nya selama ini yang mendorong Fakultas Adab dan Ilmu budaya bukan hanya prodi IPI namun juga akan didorong prodi-prodi yang lainnya untuk melakukan hal yang sama baik ke USIM maupun ke universitas universitas lainnya di Malaysia maupun negara-negara lainnya.

Dengan adanya kegiatan culture exchange ini maka kita akan mengatehaui serta memperkaya akan pengetahuan budaya melayu yang ada di Malaysia baik dengan pakain adatnya, makanannya dan juga budaya orang India dan budaya orang Cina yang ada di Malaysia yang sudah menjadi asimilasi budaya melayu, hal ini sangat penting bagi kita orang Indonesia yang selama ini kebanyakan mengetahui akan budaya melayu hanya dari film anak-anak Ipin-Upin saja. Semoga Global Islamic Culture Berjaya dan sukses untuk smua student pungkasnya menutup sambutan.

Sedangkan Dr. Syaril Nizam sebagai dosen pembimbing dari USIM Malaysia membuka sambutannya dengan pantun, dan juga menyatakan sangat terkejut atas sambutan yang luar biasa dari fakultas Adab dan Ilmu Budaya Syahril merasa tak enak hati mengingat sambutannya ke mahasiswa FADIB saat di USIM tidak seseronok macam ini. Semoga kerja sama ini berjalan dengan baik dan lancar.

Mahasiswa USIM selama disini akan mengenalkan budaya Malaysia, dengan pakaian adat yang sudah di pakai oleh para mahasiswa, sedangkan bila saya akan pakai pakaian adat saya tak enak hati mengingat pakaian adat kalau di Indonesia ternyata dipakai untuk berjodoh maksudnya untuk pernikahan gelaknya.

Kunjungan ini merupakan rangkain kegiatan selama lima hari di Jogja dan ke Fakultas Adab dan Ilmu budaya sudah hari ke tiga, selain memperkenalkan budaya malaysia nanti juga mahasiswa akan memerkan masakan Malaysia imbuhnya. Kegiatan ini merupakan kegiatan mahasiswa yang murni dibiayai oleh mahasiswa sendiri dengan proses menabung sejak pada semester tertentu dan juga tetap mengajukan perizinan ke kementerian pendidikan malaysia serta ke kedutaan malaysia yang ada di Indonesia ungkapnya.

Selain kegiatan budaya malaysia, masakan tradisional Malaysia ada juga permaianan tradisonal Malaysia yang perlu kita lihat di acara culture exchange ini tutup Wakil Dekan III, Dr. Sujadi, MA. (Tim Humas)