Dosen UIN Sunan Kalijaga diundang ke Universitas Zaituna, Tunisia untuk Mengisi Kegiatan Akademik Internasional

Dosen bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Dr. Andi Holilulloh, S.Pdi., M.A. Mendapat kehormatan diundang langsung oleh Rektor Universitas Zaituna, Tunisia. Undangan ini merupakan bentuk keharmonisan kerjasama antara UIN Sunan Kalijaga dengan Universitas Zaituna, Tunisia karena sebelumnya Rektor Universitas Zaituna Prof. Dr. Abdul Lathif Bou Azizi yang telah berkunjung ke UIN Sunan Kalijaga dan bertemu sebanyak dua kali yakni sejak tahun 2022 dan 2024.Sejatinya, Dr. Andi holilulloh, S.Pd.I., M.A. diundang di Universitas tertua di Dunia ini beberapa kegiatan akademik, di antaranya ialah untuk seminar ilmiah internasional dan menjadi narasumber dalam sebuah pelatihan kepenulisan akademik yang dilaksanakan di Universitas Zaituna, Tunisia sejak tanggal 3-14 Oktober 2024.

Dr. Andi Holilulloh, S.Pd.I., M.A. diterima oleh Rektor Universitas Zaituna pada hari jum’at tanggal 4 Oktober 2024 di Gedung Rektorat Universitas Zaituna. Pihak Rektor sangat senang dengan kehadiran Delegasi UIN Sunan Kalijaga yang mengikuti serangkaian kegiatan akademik di Universitas Zaituna, Tunisia. Pada hari senin tanggal 7 Oktober 2024, Dr. Andi Holilulloh, M.A. Menjalani kegiatan International Benchmarking di Kampus Universitas Zaituna, di antaranya Fakultas Al-Hadhoroh Al-Islamiyyah, Fakultas Ushuluddin dan Jami’ Az-Zaitunah. Dari hasil International Benchmarking ini, terkuat sebuah sejarah bahwa Universitas Tertua di Dunia adalah Universitas Zaituna di Tunisia meskipun Dr. Andi Holilulloh, M.A. Juga sebelumnya pernah ke Universitas Al-Qarawiyyiin di kota Fes, Maroko. Jadi, berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan terhadap sejarah, Universitas Zaituna Tunisia adalah Universitas tertua yang berdiri pada tahun 737 H, sedangkan Universitas Al-Qarawiyyin berdiri sejak 859 H.

Kegiatan Akademik lainnya yang dilakukan oleh Dr. Andi Holilulloh, M.A. Sebagai delegasi UIN Sunan Kalijaga ialah terlibat dalam Seminar Ilmiah Internasional di Tunisia yang diadakan di Universitas Zaitunah kota Kairouan pada tanggal 8 dan 9 Oktober 2024 dengan dihadiri oleh beberapa delegasi lainnya yaitu Universitas Zaituna, Markaz ad-Dirasat al-Islamiyyah bil Kairouan, Markaz ad-Dirasah wal Buhuts al-Iqtishadiyah wal Ijtima’iyyah Tunisia, Makhbar al-Fikr al-Islamiy wa Tahawwulatu fi Tunis, Makhbar al-Madzahib ad-diniyyah bil Maghrib al-Islami wa ‘ilmil Adyan dan Jam’iyyatu Riyadhiyyat wa Tathbiqat. Dalam seminar Ilmiah ini. Dr. Andi Holilulloh, M.A. mengajak para ilmuan dari berbagai negara untuk berdiskusi tentang Islam dan Peran Universitas Tertua di dunia dalam dunia akademik.

Tidak hanya sampai di situ, Dr. Andi Holilulloh, M.A. Juga sharing ilmu kepada mahasiswa di Universitas Zaituna pada Fakultas Hadhoroh Islamiyyah dan Fakultas Ushuluddin. Sharing session ini untuk memberi wawasan kepada para mahasiswa sebagai bentuk pengabdian Internasional Dosen UIN Sunan Kalijaga di negara Arab Republik Tunisia. Semoga dengan terlaksananya kegiatan akademik internasional delegasi UIN Sunan Kalijaga Dr. Andi Holilulloh, M.A. ini dapat mengharumkan nama baik UIN Sunan Kalijaga di Tunisia dan di kancah internasional.