Semangat Hari Santri 2024: Rektor UIN Sunan Kalijaga Dorong Inovasi dan Penguasaan Ilmu Pengetahuan"

Sivitas Akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional di Halaman Gedung PAU kampus setempat pada Selasa (22/10/2024). Bertindak sebagai Pembina Upacara Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Noorhaidi Hasan. Dalam kesempatan tersebut, Ia juga menyampaikan Amanat Menteri Agama Republik Indonesia, Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, MA.

Dalam amanatnya, Rektor menekankan pentingnya mengenang perjuangan para santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Ia mengingatkan bahwa peringatan Hari Santri setiap tanggal 22 Oktober menjadi momentum untuk meneladani perjuangan santri, terutama dalam peristiwa “Resolusi Jihad” yang dikeluarkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari pada 22 Oktober 1945.

Tahun ini, Hari Santri mengusung tema "Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan". Rektor menjelaskan bahwa tema ini mengingatkan kita akan tanggung jawab santri untuk meneruskan perjuangan para pendahulu. “Menyambung juang bukan hanya mengenang, tetapi juga beraksi dengan semangat menghadapi tantangan zaman modern,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, Santri saat ini diharapkan dapat melawan kebodohan dan kemunduran dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, mengingat banyak tokoh santri yang telah berkontribusi besar di berbagai bidang, mulai dari pemerintahan hingga kewirausahaan.

Rektor menegaskan pentingnya para santri untuk percaya diri dan terus berusaha. “Santri bisa menjadi apa saja, termasuk presiden, seperti KH. Abdurrahman Wahid. Oleh karena itu, kuasai ilmu pengetahuan dan terus berinovasi,” harapnya.

Ia juga menekankan bahwa Hari Santri bukan hanya milik santri dan pesantren, melainkan milik seluruh elemen bangsa. Rektor mengajak semua komponen masyarakat untuk turut merayakan Hari Santri dan mendoakan para pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa.

Acara diakhiri dengan doa untuk para pahlawan dan disertai harapan mendalam agar semangat perjuangan santri tetap membara dalam jiwa. Seruan penuh semangat, “HARI SANTRI 2024... MENYAMBUNG JUANG, MERENGKUH MASA DEPAN...!!!” menggema sebagai penutup, diharapkan mampu menyulut api semangat untuk terus berjuang meraih masa depan yang lebih gemilang.

Dengan peringatan ini, UIN Sunan Kalijaga berharap dapat memperkuat komitmen para santri dalam membangun masa depan Indonesia yang lebih baik. (tim humas)