Rektor Melantik Wakil Rektor, Dekan Fakultas dan Direktur Pascasarjana di Lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Periode 2020-2024.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil Al Makin, MA. melantik pejabat pimpinan tingkat kampus yang teridiri dari Wakil Rektor, Dekan Fakultas dan Direktur Pascasarjana. Acara dilakukan dengan protokol kesehatan Covid-19 dan secara hidmat dihadiri oleh dosen, tenaga pendidikan serta sivitas akademik, yang berlangsung di gedung Prof. RHA. Soenarjo, S.H., Selasa (28/7).

Dua belas dosen ini mengikuti prosesi pelantikan dengan lancar dan secara resmi diangkat untuk melaksanakan tugas tambahan di lingkungan UIN Sunan Kalijaga sesuai Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor:142.1 Tahun 2020 sebagai Wakil Rektor, Dekan Fakultas dan Direktur Pascasarjana dengan masa jabatan 2020-2024.

Mengawali sambutannya Rektor UIN Sunan Kalijaga menerangkan secara singkat sejarah filsafat Amor Fati (love your destiny atau fate), yang artinya:‘Cintailah nasib Anda, peluklah dan berbahagilah dengan tugas hidup Anda!’ Laksanakan tugas dan bergembiralah! Apapun yang terjadi dengan kehidupan, tidak semua bisa kita kendalikan. Kita ditaqdirkan, bukan mentaqdirkan diri sendiri..

Al Makin menambahkan bahwa ada dua istilah dalam Jawa yang sangat penting kita perhatikan, yakni polah dan pasrah (usaha dan doa). Namun, lebih dari itu, keduanya terkait. Jika kita berusaha (polah), maka kita juga harus pasrah tentang apapun yang kita usahakan. Selain itu, dalam tradisi India ada istilah karma dan dharma. Keduanya sangat erat, karma adalah ketentuan kita di dunia ini, apa yang ditaqdirkan untuk kita. Dharma adalah pengabdian yang erat kaitannya dengan karma.

Karma dan dharma harus seiring dan harus seimbang. Jangan sampai dharma dan karma tidak sama. Menjadi Rektor, Dekan, Direktur, Wakil Rektor sudah karma, nasib, amor fati, love your fate. Dharma atau kewajiban mengikutinya, atau dalam Bahasa administrasinya:tugas pokok dan fungsi. Mari laksanakan dharma ini demi UIN Sunan Kalijaga untuk bangsa dan dalam rangka menjadikan UIN Sunan Kalijaga mendunia. ” kata Al Makin.

Dalam tradisi Islam adalah taqdir dan kewajiban, setiap Anda sekalian adalah pemimpin. Setiap kita akan dimintai pertanggungjawabannya. Seperti yang diterangkan hadis nabi riwayat mutafaqun ‘alai yang berbunyi

Al Makin juga menjelaskan garis besar program yang harus diraih dalam visi misi selama kepemimpinannya, yakni:

  1. UIN Sunan Kalijaga untuk bangsa, meliputi sumbangan UIN untuk bangsa Indonesia.
  2. UIN Sunan Kaljaga mendunia, yaitu program-program internasionalisasi dan linkage.
  3. Peningkatan IT dan big data, yaitu secara besar-besaran kita migrasi dari era manual ke arah lebih digital, sudah dimulai dengan BKD online, dan kita satukan data-data kepegawian, perpustakaan, LP2M, dan data-data mahsiswa, dosen, pegawai dan lainnya.
  4. Pengembangan sains dan teknologi bernilai agamis
  5. Inklusif, akomodatif, pro keberagaman
  6. Menyederhanakan birokrasi cepat, efesien, akuntable

Rektor menegaskan bahwa setiap pejabat akan saya cek dan ajak komunikasi secara regular tentang program kerja dan capaiannya. Semoga difahami. Jangan sangat kita jatuh karena moral kita, karena prinsip kita, kita pegang demi UIN yang beragam, toleransi, satu nusa, macam-macam etnis, itulah Kolosium kita, itulah Pancasila kita.

Ia berpesan yang terpilih ojo jumowo, arogan, yang tidak terpilih harus legowo, ikhlaskan. Jaga stabilitas kampus, legowolah, dan masih banyak kesempatan wakil dekan wadek dan non-struktural. Program saya akan membesarkan non-struktural juga, Lembaga-lembaga yang lebih dinamis.

“Yang saya harapkan dari semua pejabat itu adalah loyalitas dan Kerjasama. Saya minta selama menjadi pejabat singkirkan kepentingan pribadi, kepentingan golongan dan hanya untuk UIN dan bangsa. Anda semua adalah satu team UIN, tidak ada lagi sekat-sekat dan pembeda berupa baju-baju lainnya.” tutur Al Makin.

Berikut nama 12 pejabat pimpinan kampus yang dilantik:

  1. Wakil Rektor Bidang I adalah Prof. Dr. Iswandi Syahputra, S.Ag.,M.Si.
  2. Wakil Rektor Bidang II Dr. Phil. Sahiron, M.A.
  3. Wakil Rektor Bidang III Dr. Abdur Rozaki, S.Ag.,M.Si.
  4. Direktur Pascasarjana, Prof. Noorhaidi, M.A. M.Phil. Ph.D.
  5. Dekan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Dr. M. Wildan, M.A.
  6. Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Prof. Dr. Makhrus, S.H.,M.Hum.
  7. Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Prof. Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
  8. Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag.,M.Hum.
  9. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. Afdawaiza, S.Ag.,M.Ag.
  10. Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Khurul Wardati, M.Si.
  11. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos. M.Si.
  12. Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.