UIN Sunan Kalijaga Peringkat Pertama Paling Diminati Secara Nasional

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta meraih peringkat pertama Nasional dalam penerimaan mahasiswa baru. Hal tersebut terungkap dalam rapat kelulusan jalur seleksi UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) tahun 2021, yang dilaksanakan 15 s/d 17 Juni 2021 di Ternate Maluku Utara. Rapat yang di hadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag. dan Dirjen Pendidikan Islam, Prof. Dr. H. M. Ali Ramdhani ini juga di hadiri oleh seluruh Rektor dan perwakilan PTKIN se-Indonesia. Penetapan kelulusan bagi calon mahasiswa di PTKIN yang mengikuti ujian berjumlah 100.038 peserta.

Dalam rapat tersebut dilaporkan bahwa UIN Sunan Kalijaga masuk dalam lima besar peminat terbanyak dan menempati urutan pertama dengan jumlah peminat sebanyak 13.431 peserta. Peringkat kedua ditempati UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan jumlah peminat 12.455 orang. Peringkat ketiga dengan jumlah 12.376 peminat diraih UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Peringkat keempat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 8.384 peminat. Dan peringkat kelima UIN Alauddin Makassar, 7.642 peminat.Naiknya UIN Sunan Kalijaga menempati urutan pertama peminat secara nasional diapresiasi baik oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr.Phil. Al Makin, S.Ag., M.A., “sangat terkesan dan bersyukur serta berterimakasih kepada semua pihak, bahwa ini menandakan UIN Sunan Kalijaga terbuka bagi semua etnis, budaya, tradisi dan mazhab”. Sesuai dengan jargon bahwa “UIN Yogya siap menopang bangsa, siap mendunia.” imbuhnya. Prestasi ini melampaui raihan tahun lalu, dimana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta hanya bertengger di peringkat tiga.

Baca juga:Pidato Rektor Idul Fitri dan Syawalan dengan Semangat Keberagaman

UIN Sunan Kalijaga juga menempati posisi pertama dalam 10 besar PTKIN dengan Nilai Rerata Diterima Tertinggi (Keagamaan) yakni Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir dengan nilai 686.7893. Masuk juga dalam 10 besar PTKIN dengan Nilai Rerata Diterima Tertinggi (Bahasa Arab) dengan nilai 663.1773. Jumlah peminat pada jalur UM-PTKIN ini peserta dengan latar belakang MA dan Pesantren menempati urutan pertama sebanyak 46.109, disusul SMA sebanyak 41.457, dan SMK sebanyak 12.472 yang terkonsentrasi IPA sebanyak 8.264 dan IPS sebanyak 91.774.

Wakil Rektor I, bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Suka, Prof. Iswandi Syahputra menambahkan, keunggulan yang dihadirkan UIN Sunan Kalijaga yakni menjadikan kampus moderasi beragama menjadi salah satu daya tarik bagi calon mahasiswa. Suasana kampus yang berada di kota pendidikan menjadi rujukan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. “Prodi-prodi kita mayoritas terakreditasi A, jurnal kita rata-rata sudah terindeks scopus dan sinta serta sedang mempersiapkan akreditasi internasional“. Banyaknya peminat yang memilih untuk kuliah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta disebabkan antara lain karena UIN SUKA terus berbenah di dalam meningkatkan mutu kualitas perkuliahan secara daring dan sedang mendesain perkuliahan secara hybrid, serta prestasi-prestasi yang terus diraih meski dunia masih dilanda pandemi.

Baca juga:UIN Sunan Kalijaga dipercaya Membuat Modul Pembelajaran Moderasi Beragama

Di tahun ini, prestasi membanggakan yang patut disyukuri dan meningkatkan market value antara lain diraihnya predikat unggul pertama di PTKIN se-Indonesia pada Prodi Sastra Inggris, sertifikat Internasional AUN-QA untuk Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Sosiologi, melengkapi 8 daftar lainnya, serta jurnal Al Jami’ah yang meraih Quartile 1 Versi Scimago Journal Rank, dan banyak lagi lainnya, imbuh Prof. Iswandi.

Baca juga:Rektor UIN Suka ; Mari Bersyukur, UIN Sunan Kalijaga Baru Saja Mendapatkan Tiga Kenikmatan

Meskipun jalur UM-PTKIN telah resmi ditutup, namun UIN Sunan Kalijaga masih membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang belum lolos untuk mendaftar di jalur mandiri CBT 2 dan Portofolio. Aulia Faqih, ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga mengatakan “masih ada jalur mandiri CBT 2 dengan tes dan Portofolio yang hanya menggunakan nilai SBMPTN dan UM-PTKIN. Jadi masih ada kesempatan manfaatkan sebaik-baiknya”. Untuk informasi PMB UIN Sunan Kalijaga dapat diakses pada laman https://admisi.uin-suka.ac.id, Whatsapp 0817-2302-020 dan instagram @uinsk. (Tim Humas)