UKM Kalimasada Suguhkan Tarian Wisang Sanjaya

Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) se-Jawa dan Madura telah resmi dibuka pada hari Senin (21/06/21). IPPBMM ini akan digelar selama lima hari, mulai dari hari Senin sampai dengan Jumat (25/06/21). Ada 30 cabang lomba yang dipertandingkan dalam IPPBMM tahun ini, dan dikarenakan terlaksana di masa pandemi, sebanyak 25 cabang lomba dilaksanakan secara daring dan 5 akan dilaksanakan melalui luring di UIN Sunan Kalijaga. Protokol kesehatan seperti pembatasan kehadiran, himbauan untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak, fasilitas untuk mencuci tangan dengan sabun telah disediakan serta steril ruangan dilakukan sebelum dan setelah pelaksanaan acara.

Acara pembukaan yang disiarkan melalui kanal YouTube UIN Sunan Kalijaga berlangsung dengan lancar dan meriah, meskipun pembatasan dan pembagian ruang untuk para peserta yang mengikuti acara pembukaan IPPBMM 2021 telah dilakukan. Salah satu pengisi acara pembukaan yang turut memeriahkan adalah penampilan Tari Wisang Sanjaya khas Gunungkidul oleh UKM Kalimasada UIN Sunan Kalijaga.

Baca Juga : 18 Kontingen IPPBMM Siap Berlaga di Kampus UIN Suka

Tarian ini sengaja dipilih untuk prosesi pembukaan IPPBMM ke-8 yang mengisahkan tentang prajurit yang sedang berlatih untuk mempersiapkan pertandingan. Pada saat prosesi pembukaan, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag. menyerahkan panah kepada salah satu penari sebagai tanda dimulainya prosesi pembukaan IPPBMM. Kemudian panah tersebut di bawa oleh penari ke atas panggung, puncaknya para penari mengarahkan panah ke screen LED dilanjutkan dengan visual bumper dan tarian Wisang Sanjaya oleh tim penari dari UKM Kalimasada.Penampilan mereka pun disambut applouse dari hadirin yang berada di Gedung Prof. K.H. Amin Abdullah, diakhir tarian disambut dengan phyro (semburan bunga api) yang menambah meriah acara pembukaan.

Fitri Ayu Widyaningsih, salah satu penari dari UKM Kalimasada bercerita tentang kesannya dapat berkesempatan tampil pada acara pembukaan IPPBMM VIII 2021. “Saya senang dan bangga, karena tidak semua orang bisa hadir apalagi tampil di acara besarnya kampus. Selain itu, tidak semua UKM ditunjuk untuk mengisi acara pembukaan di IPPBMM tahun 2021", ujarnya.

Sementara itu, Ketua UKM Kalimasada, Naufal Syafiq Al-Anshori, mengatakan bahwa mereka antusias berlatih untuk memeriahkan acara pembukaan IPPBMM. "UIN Suka adalah rumah kami untuk mengeksplor kemampuan bakat kami selain di bidang Akademik. Ini adalah suatu kehormatan bagi kami bisa bergabung dalam acara pembukaan IPPBMM. Walau digelar secara daring dan luring terbatas, semoga apa yang kami suguhkan bisa dinikmati oleh semuanya,"ucap Naufal.(Nurul)

Saksikan kemeriahan UKM Kalimasada menampilkan tarian Wisang Sanjanya melalui Youtube UIN Sunan Kalijaga.